PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI SISWA
PENGARUH
FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 MALANG
Disusun
untuk Melengkapi Tugas Bahasa Indonesia sebagai Syarat Mengikuti Ujian Nasional
![]() |
Disusun
oleh :
Kelompok
8 (9C)
1.
Monica
Made Aprilia (05)
2.
Aidha
Rizmatika (16)
3.
Aisya
Putri Romadona (17)
4.
Fitria
Ayu Lestari (29)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20
MALANG
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor
38 Malang Telp. (0341) 491806
Website: www.smpn20_mlg.sch.id
Tahun Pelajaran 2014 – 2015
MOTTO
“Lebih baik belajar daripada menggunakan hal-hal yang tidak berguna.”
“Gunakan waktu
dengan sebaik-baiknya.”
“Raihlah
prestasimu setinggi mungkin.”
“Carilah hal yang
bermanfaat untukmu, orang lain, dan masa depan.”
LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis berjudul “Pengaruh Facebook terhadap Prestasi Siswa
SMP Negeri 20 Malang”, ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015.
Disetujui oleh :
Kepala SMP Negeri 20 Malang, Guru Pembimbing,
Dra.
Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd Dra. Rubiati, M.Pd
NIP. 19641005 1989032009 NIP. 19680911 1995122005
KATA PENGANTAR
Puji
Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan
berkah, rahmat, dan hidayahnya. Sehingga karya tulis yang berjudul “Pengaruh Facebook terhadap Perstasi Siswa
SMP Negeri 20 Malang” ini dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang
telah ditentukan.
Penulis membuat karya tulis in bertujuan agar para siswa - siswi SMP Negeri
20 Malang mengerti pengaruh dari facebook yang banyak memberi dampak baik
positif maupun dampak negatif terhadap
prestasi siswa SMPN 20 Malang.
Penyusunan karya tulis ini tentunya tidak lepas dari bantuan, arahan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terimakasih yang pertama
kepada Ibu Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd selaku kepala SMP Negeri 20 Malang
yang telah membantu penulis untuk mengesahkan karya tulis sebagai salah satu
syarat untuk kelulusan. Yang kedua kepada Ibu Dr. Rubirti, M.Pd selaku Guru
Pembimbing dan Guru mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan
bimbingan, arah, dan masukan hngga karya tulis ini dapat diselesaikan. Yang
ketiga kepada Bapak Edi Santoso, S.Pd selaku Guru TIK yang telah memberikan
waktunya untuk diwawancarai. Yang keempat kepada Annisa Lathifa Grafilia selaku
siswa SMP Negeri 20 Malang yang telah meluangkan waktunya untuk diwawancarai.
Yang kelima kepada Orang Tua dari Monica Made Aprilia yang juga telah
meluangkan waktunya untuk diwawancarai. Yang keenam kepada Orang Tua dan
segenap keluarga penulis yang telah memberikan bantuan moril, materil jua
dorongan supaya penulisan karya tulis ini selesai tepat pada waktunya. Tidak lupa Penulis
juga mengucapkan terimakasih kepada siswa – siswa SMPN 20 Malang dan pihak – pihak lain yang tidak bisa penuls sebutkan satu per sau
yang membantu dalam penyelesaian karya tulis ini.
Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan penulisan karya tulis
ini, tetapi penulis menyadari bahwa penyusunan ini masih jauh dari sempurna.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak.
Semoga karya tulis ini banyak memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis
khususnya. Selain itu penulis juga berharap kepada siswa-siswi SMP Negeri 20
Malang untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook yang dapat berdampak
terhadap prestasi.
Malang, 5 Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL………………………………………………………………….i
HALAMAN
MOTTO…….………………………………………………………….ii
LEMBAR
PENGESAHAN...……………………………………………………….iii
KATA
PENGANTAR………………………………………………………………iv
DAFTAR
ISI………………………………………………………………………...vi
BAB
I PENDAHULUAN……………………………………………………………1
1.1 Latang
Belakang………………………………………………………………….1
1.2 Ruang
Lingkup Masalah…………………………………………………………...
1.3 Pembatasan
Masalah……………………………………………………………….
1.4 Rumusan
Masalah………………………………………………………………….
1.5 Tujuan
Penulisan…………………………………………………………………
1.5.1 Tujuan
Umum…………………………………………………………...
1.5.2 Tujuan
Khusus…………………………………………………………
1.6 Manfaat
Penelitian…………………………………………………………………
1.6.1 Bagi
Guru……………………………………………………………….
1.6.2 Bagi
Siswa………………………………………………………………
1.7 Anggapan
Dasar dan Hipotesis…………………………………………………….
1.7.1 Anggapan
Dasar ………………………………………………………..
1.7.2 Hipotesis………………………………………………………………...
1.8 Sumber
Data dan Metode………………………………………………………….
1.8.1 Sumber
Data…………………………………………………………….
1.8.2 Metode…………………………………………………………………..
1.8.2.1
Wawancara……………………………………………………..
1.8.2.2
Angket………………………………………………………….
1.8.2.3 Observasi……………………………………………………….
BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN…………………………………………..
2.1 Definisi facebook…………………………………………………………..
2.2 Sejarah facebook …………………………………………………………..
2.3 Macam-macam fasilitas facebook
yang diminati siswa SMP Negeri 20
Malang……………………………………………………………………….
2.4 Alasan siswa SMP Negeri 20
malang sering menggunakan
facebook………………………………………………………………………
2.5 Perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang karena seringnya
pemakaian
facebook…………………………………………………………
2.6 Pengaruh negatif dari facebook di kalangan remaja…………………...........
2.6 Pengaruh negatif dari facebook di kalangan remaja…………………...........
2.7 Upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari
facebook…….
2.8 Tujuan mengatasi dampak negatif dari facebook. …………………………..
2.9 Hasil analisis angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi
siswa SMP
Negeri 20 Malang……………………………………………………..
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………
3.1
Simpulan……………………………………………………………………………
3.2 Saran………………………………………………………………………………..
3.2 Saran………………………………………………………………………………..
3.2.1
Bagi Siswa…………………………………………………...…………….
3.2.2
Bagi Guru…………………………………………………………………..
DAFTAR RUJUKAN………………………………………………………………....
LAMPIRAN…………………………………………………………………………...
DAFTAR PERTANYAAN ANGKET......…………………………………………...
DIAGRAM HASIL ANGKET……………......………………………………………
FOTO ATAU GAMBAR PENDUKUNG…………………………………………....
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam bab
ini penulis akan membahas tentang (1) latar belakang, (2) ruang lingkup
masalah, (3) pembatasan masalah, (4) rumusan masalah, (5) tujuan penelitian,
(6) manfaat pnelitian, (7) anggapan dasar dan hipotesis, serta (8) sumber data
dan metode.
1.1 Latar Belakang
Facebook mungkin sudah tidak asing lagi bagi
sebagian besar orang. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang
sangat digemari masyarakat ini. Mulai dari anak – anak sampai orang tua.
Situs jejaring sosial mungkin leih banyak
dirasakan oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial
adaah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi
anggota dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik
sengaja ataupun hanya coba coba
mendaftarkan dirinya menjdai pengguna situs jejaring sosial tersebut. Tidak
butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses dan membuka situs –
situs jejaring sosial tersebut, dan berinteraksi secara pasif di dalamnya.
Akibat pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa waktu karena
terlalu ayik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut.
Setiap teknologi baru,apapun
bentuknya,pasti mempunyai dmpak positif dan negatif. Begitu juga dengan
facebook. Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan dampak yang
negatif. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering terjadi adalah
timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar. Coba
saja bandingkan lama waku seorang pelajar saat membuka buku dengan lama waktu
saat membuka facebook. Bahkan saat belajarpun selalu menyempatkan diri hanya
untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook
temannya, akbatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan materi pelajaran
yang sedang dipelajaripun tidak akan dipahami secara maksimal.
Dalam pemantauan penulis di SMP Negeri 20
Malang, ada fenomena atau masalah yang ditemukan. Sekolah ini melarang siswanya
untuk membawa handphonedi sekolah dengan alasan agar tidak mengganggu siswa
dalam proses belajar mengajar. Namun faktanya, terdapat beberapa siswa yang
mash membawa handphone, salah satunya untuk mengakses jejaring sosial facebook
meskipun tanpa sepengetahuan guru. Bahkan terkadang ada siswa yang meng-update
status ketika guru sedang menjelaskan matei pelajaran.
Fenomena facebook di kalangan pelajar perlu
mendapat perhatian. Pengguanaan facebook tidak akan menimbulkan dampak yang
huruk jika digunakan sebagaimana semestinya, normal, dan idak berlebihan. Jika
terlalu sering menggunakan facebook dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan
yang tidak sehat.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis
berinisiatif mengambil judul “Pengaruh Facebook Terhadap Prestasi Siswa SMP
Negeri 20 Malang” sebagai tema karya tulis ini. Peneliti merasa perlu untuk
meneliti hal tersebut karena penulis melihat masih banyak sekali siswa – siswi
SMP Negeri 20 Malang yang menjadi terpengaruh oleh dampak facebook untuk
prestasi.
1.2
Ruang Lingkup Masalah
Penulis
akan membahas tentang pengaruh facebook terhadap prestasi belajar remaja
indonesia. Seiring perkembangan zaman mod komunikasi semakin canggih dan sangat
mudah untuk diakses saat ini. Pada umumnya banyak remaja yang menggunakan
facebook sebagai tren atau gaya hidup mereka saaat ini. Facebook tidak hanya
digunakan sebagai media komunikasi namun dapat digunaan sebagai media
informasi.
Pada umumnya usia remaja merupakan usia
kritis dimana mereka memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap apa
saja informasi yang berkembang saat ini. Mereka dapat mencari hal-hal tersebut
dengan mudah melalui beberapa media dan situs jejaring sosial seperti facebook
dll, misalnya berupa vidio, teks, gambar dan lain sebagainya. Saat ini internet
sudah sangat umum ditelinga kita, situs komunikasi ini bisa digunakan dengan
mudah dengan menggunakan bebrbagai alat seperti laptop, tablet, dan handphone
yang sering kita gunakan dan bawa kemanapun. Banyak remaja yang mengakses
informasi atau sesuatu yang baru dari facebook. Terkadang facebook sering
disalah gunakan untuk kepentingan yang kurangbaik.
Dampak dari permasalahan ini sangat
berpengaruh bagi para remaja, salah satu dampaknya dapat mengakses dan
menyebarkan foto, vidio ataupun teks yang mengandung unsur sara maupun
pornografi. Selain itu yaitu terkadang mengkonfirmasi orang yang sama sekali
belum di kenal. Kemudian ada juga saat membuat janji dengan lawan jenis untuk
bertemu dan berkomunikasi secara langsung tanpa mengetahui identitas dan usal
usulnya. Sehingga terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan dan sangat
merugikan untuk diri sendiri dan kami akan memebahasnya dalam bab ini
1.3
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan
ruang lingkup masalah di atas penulis membatasi masalah sebagai berikut ini:
1.3.1 Mengetahui pengertian facebook
1.3.2 Mengetahui manfaat yang diperoleh melalui
facebook
1.3.3 Mengetahui alasan siswa menyukai facebook
1.3.4 Mengetahui
dampak facebook bagi siswa SMP Negeri
20 Malang
1.3.5
Mengetahui upaya – upaya yang dilakukan
siswa SMP Negeri 20 Malang dalam membendung pengaruh negatif facebook
1.3.6 Mengetahui
penyebab siswa SMP Negeri 20 Malang lebih sering menggunakan
facebook dari pada belajar
1.3.7 Mengetahui pengaruh facebook terhadap
prestasi belajar siswa SMP Negeri 20
Malang
1.3.8 Mengetahui upaya yang dilakukan siswa SMP Negeri
20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun menggunakan facebook
1.3.9 Mengetahui analisis hasil penyebaran angket
tentang pengaruh
facebook terhadap prestasi siswa SMP
Negeri 20 Malang.
1.4
Rumusan Masalah
1.4.1 Apa
pengertian dari facebook ?
1.4.2 Apa manfaat yang diperoleh melalui facebook ?
1.4.3 Apa
alasan siswa menyukai facebook ?
1.4.4 Apa dampak facebook bagi siswa SMPN 20
Malang ?
1.4.5 Apa
upaya – upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang dalam membendung pengaruh negative facebook ?
1.4.6 Apa pengaruh facebook terhadap prestasi
belajar siswa SMPN 20 Malang ?
1.4.7 Mengapa siswa SMPN 20 Malang lebih sering
menggunakan facebook daripada belajar ?
1.4.8 Bagaimana
upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun
menggunakan facebook ?
1.4.9 Bagaimana
hasil penyebaran angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang ?
1.5 Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumasan masalah yang dikemukakan, maka dapat diperoleh tujuan penulsan sebagai
berikut :
1.
Memberikan
informasi kepada para remaja, tentang dampak/pengaruh facebook terhadap
prestasinya.
2.
Menyadarkan
para remaja tentang pengaruh lebih sering menggunakan facebook daripada
belajar.
3.
Mengetahui
cara penanggulangan dari dampak negatif facebook.
4.
Memberikan
gambaran kepada para remaja tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa
SMP Negeri 20 MALANG.
1.5.1 Tujuan
Umum
Tujuan
umum yang ingin dicapai dalam penulisan karya tulis ini, yaitu untuk dapat
mendiskripsikan pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMPN 20 Malang.
1.5.2 Tujuan
Khusus
Tujuan
khusus yang ingin dicapai dalam penulisan karya tulis ini adalah untuk
mengetahui masalah yang terjadi di kalangan remaja Indonesia akibat pengaruh
facebook terhadap prestasi.
1.5.2.1 Mendiskripsikan
pengertian facebook.
1.5.2.2 Mendiskripsikan
manfaat yang diperoleh dari facebook.
1.5.2.3 Mendiskripsikan
alasan siswa menggunakan facebook.
1.5.2.4 Mendiskripsikan
dampak facebook bagi siswa SMPN 20 Malang.
1.5.2.5 Mendiskripsikan upaya – upaya yang
dilakukan siswa SMPN 20 Malang dalam membendung pengaruh negatif facebook.
1.5.2.6 Mendiskripsikan
pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMPN 20
Malang.
1.5.2.7 Mendiskripsikan alasan siswa
SMPN 20 Malang lebih sering menggunakan facebook daripada belajar.
1.5.2.8 Mendiskripsikan upaya
yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun
menggunakan facebook.
1.5.2.9 Mendiskripsikan hasil penyebaran angket
tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.6 Manfaat Penelitian
Dari penulisan karya tulis ini diharapkan warga SMP
Negeri 20 Malang senantiasa menyaring apapun yang di serap atau diterima dari
penggunaan faebook, karena jika dlihat sekarang ini sudah tidak mungkin untuk
menghentikan perkembangan zaman modern. Satu-satunya cara adalah dengan
menyeleksi setiap pengaruh facebook yang masuk dan menyesuaikannya dengan
keadaan yang terjadi sebelum pengaruh facebook terjadi. Selain itu manfaat
penulisan ini juga ditujukan kepada, sebagai berikut :
1.6.1 Bagi
Guru
1.6.1.1 Guru lebih memahami karakter
siswa yang sudah mengikuti atau belum
mengikti pengaruh dari facebook.
1.6.1.2 Guru bisa mengantisipasi dampak negatif
facebook yang masuk.
1.6.2 Bagi
Siswa
1.6.2.1
Siswa lebih mengenal masing-masing dari dampak facebook.
1.6.2.2 Siswa kemungkinan besar akan menjauhi dampak negatif
dari facebook.
1.6.2.3
Siswa bisa mengubah dampak negatif menjadi dampak positif.
1.6.2.4 Siswa mampu memaksimalkan dampak positif dari facebook.
1.7 Anggapan Dasar dan
Hipotesis
1.7.1
Anggapan Dasar
Anggapan dasar pada penulisan ini, adalah berkembangnya facebook yang telah
masuk di Indonesia, telah menimbulkan dampak negatif di kalangan remaja. Serta,
mulai menurunnya prestasi siswa yang seharusnya lebih ditingkatkan atau
diperbaiki menjadi menurun akibat lebih sering menggunakan facebook daripada
belajar lebih giat.
1.7.2 Hipotesis
Sesuai dengan judul karya tulis dan masalah
yang dikemukakan, maka penulis mempunyai dugaan sementara yaitu :
1.
Kuatnya
pengaruh media informasi televisi, koran / majalah, internet dan sebagaimana
yang meliputi berbagai hiburan sehingga menjadi terpengaruh akan facebook tanpa
melalui pertimbangan.
2.
Kurangnya
pendidikan agama dan perhatian serius orang tua terhadap anak-anak mereka
terutama para remaja yang masih mencari jati dirinya.
3.
Setiap
media informasi dianjurkan untuk lebih hati-hati dalam menyampaikan sesuatu
yang berhubungan dengan dampak negatif facebook yang dapat berpengaruh langsung
terhadap pengaruh remaja, sehingga tidak menampilkannya secara utuh dan serba
transparan.
1.8 Sumber Data dan Metode
Dalam penulisan karya tulis ini, penulis juga
mengumpulkan data-data dengan sumber dan metode
sebagai berikut.
1.8.1 Sumber
Data
Penulis menggunakan atau mengambil sumber dari beberapa situs
1.8.2 Metode
Metode yang digunakan penulis dalam penulisan ini adalah
:
1.8.2.1 Wawancara
Untuk mencari informasi, dalam penlisan KTI ini kami melakukan wawancara
kepada narasumber yaitu Bapak Edi Santoso, selaku guru TIK .Nurul Oktavian,
selaku siswa kelas 9. Siti Nur Ramadhani selaku siswa 8. Taufik selaku siswa
kelas 7
1.8.2.2
Angket
Dalam penulisan KTI ini, penulis juga menyebarkan angket kepada siswa
SMPN 20 Malang, sebanyak 100 lembar. Yang masing-masing kelas 7 sebanyak 34
lembar pada tanggal 30 November 2014, kelas 8 sebanyak 33 lembar pada tanggal
30 November 2014 , dan kelas 9 juga 33 lembar pada tanggal 30 November 2014
1.8.2.3
Observasi
Penulis juga melakukan observasi langsung dengan cara mengambil gambar
yang berkaitan dengan penulisan karya tulis ini.
BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab
pembahasan ini, penulis akan menguraikan tentang, (1) definisi facebook. (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi dampak facebook bagi siswa SMP Negeri 20
Malang. (3) sejarah masuknya facebook di Indonesia. (4) macam-macam fasilitas
facebook yang diminati siswa SMP Negeri 20 Malang. (5) alasan siswa SMP Negeri
20 Malang sering menggunakan facebook. (6) perubahan perilaku siswa SMP Negeri
20 Malang karena seringnya pemakaian facebook. (7) pengaruh negatif dari
facebook di kalangan remaja. (8) upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak
negatif dari facebook. (9) tujuan mengatasi dampak
negatif dari facebook, dan (10) hasil analisis angket
tentang pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang.
2.1 Definisi Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada
bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Pada September
2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna
aktif, lebih
dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini.
Setelah itu, pengguna dapat membuat profil
pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau
perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka
ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
2.2 Sejarah Facebook
Sejarah Facebook diawali oleh
seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Facebook atau sering
disingkat FB merupakan jejaring pertemanan yang sangat populer, hingga sampai
saa tercatat pengguna aktif facebook kurang lebih 400. Namun disamping
kepopuleran tersebut, ternyata banyak dampak negatif mulai dari penculikan
gadis-gadis remaja, dimana diberitakan hilang gara-gara facebook, dan tidak
jarang juga perceraian yang juga disebabkan karena facebook dan lain
sebagainya, sampai-sampai Mujelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa
“Facebook Haram”. Semuanya kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana kita
memanfaatkan facebook. Kalau berbicara masalah haram atau tidak, itu tergantung
bagaimana kita memanfaatkan sesuatu antara positif dan negative. Yaitu awal
mula sejarah facebook. Facebook dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa
Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark
Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New
York, Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High
School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo.
Zuckerberg Lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program
Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar
teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini
para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa,
dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena
dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi
di internet, dan melanggar hak cipta.
Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan
diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa
Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris
Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale,
Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu
singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman
lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah
kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka
meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel,
pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor
pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di
Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan
para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa
SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah
bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia
menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97
triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia
memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini,
yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah
investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk
ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.
Dia juga memberikan fasilitas Facebook Notes.
Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan
tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa
mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging
lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap
tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka
layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai
protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang
Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi
pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini
pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai
perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan
baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini
diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing
perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di
situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela
memperpanjang kerjasama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari
Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi
komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke
sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham
Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua
saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin
Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan
layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook
Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai
US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah
mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan
petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook
lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah
makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain
gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan
seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek
dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka dikantor. Zuckerberg mengaku ogah
suasana kantor yang terlalu formal.
Begitulah sejarah
facebook yang dapat kita pelajari bersama semoga kita bisa
mengambil pelajaran dari sejarah awal mula facebook ini dan tentunya menambah
wawasan pengetahuan kita tentang sejarah facebook, apalagi bagi kita yang
memang aktif pengguna facebook dan kalau tidak tahu sejarah facebook itu
sendiri
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan
sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja,
kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka
diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13
tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun,
sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya
di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"Quantcast memperkirakan Facebook
memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April
2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski
begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan
hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
2.3 Macam – Macam Fasilitas Facebook Yang Diminati Siswa SMP
Negeri 20 Malang
Facebook memiliki berbagai fitur-fitur yang ditujukan untuk
pengguna dengan maksud agar pengguna tidak merasa bosan pada saat menggunakan
Facebook. Para pengguna Facebook dapat dimanjakan dengan adanya fitur-fitur
ini. Beragam fitur yang ada dalam Facebook antara lain:
Facebook
feature:
-
Update Status/ Status terkini
-->
Untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda;
mengungkapkan keinginan Anda.
-
Message/ Pesan
-->
Untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
-
Chat/ Obrolan
-->
Untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara
langsung dan real time.
-
Photos/ Foto
-->
Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
-
Videos/ Video
-->
Anda dapat meng-upload video Anda.
-
Friends/ Teman
-->
Anda dapat menambah teman Anda.
-
Applications/ Aplikasi
-->
Banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
-
Games/ Permainan
-->
Banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
-
Notes/ Catatan
-->
Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook
lainnya.
-
Wall/Dinding
-->
Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
-
Poke/ Colek
-->
Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
-
Gifts/ Hadiah
-->
Fitur untuk saling berkirim hadiah
3) Fitur-fitur baru yang ada di facebook
Adapun beberapa fitur baru yaitu:
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
Menu ini memungkin pengguna facebook
untuk mengedit kembali komentar yang telah ditulis sekaligus menghapusnya jika
itu diperlukan.
B) Emoticon pada fasilitas chat
facebook.
Icon-icon ini dulunya kalau kita sementara ngobrol dengan teman-teman di facebook, untuk memasukannya masih secara manual tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya fitur yang satu ini. Jadi nda perlu repot-repot lagi mikirin kode emoticonnya untuk mengekspresikan apa yang akan kita sampaikan pada teman-teman.
C)
Menu pageview pada fanpage
Teman-teman yang sudah membuat fanpage facebook untuk blognya ataupun untuk pribadinya, Akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. Menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya.
D) Menu Promosi
Menu ini memungkinkan bagi pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online atau apalah namanya yang dianggap penting. Tapi sayang pertama kali saya lihat menu ini, saya kira gratis untuk menggunakannya padahal harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya. Jika sobat mau beriklan di facebook, kayaknya bisa juga pake fasilitas yang satu ini.
Sebetulnya masih banyak fitur-fitur baru lain yang ada pada facebook seperti adanya pilihan upload file di grup, tampilan halaman pesan, pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja", ngobrol dengan teman-teman di facebook dalam satu chatroom saja, pengelolah iklan, menu pusat aplikasi dan kabar permainan, facebook messenger dan kawan-kawannya yang lain. Silakan sobat perhatikan sendiri pada akun facebooknya masing-masing atau pada facebook secara keseluruhan. Jika ada fitur baru yang belum sempat saya singgung pada artikel ini, silakan konfirmasi pada saya atau silakan bahas juga pada blognya masing-masing.
2.4 Alasan Siswa
SMP Negeri 20 Malang Sering Menggunakan Facebook.
Agar siwa dapat menjalin komunikasi
dengan orang lain, siswa semakin gaul dengan adanya facebook. Zaman sekarang pasti sudah banyak
yang mengenal salah satu situ social ini. Facebook, merupakan salah satu situs
social yang sangat popular saat ini. Penggunanya dari berbagai kalangan, mulai
dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Bermacam-macam tingkatan
social, pekerjaan, dan pendidikan juga menghiasi facebook pada saat ini.
Bermacam-macam alasan orang membuat
sebuah akun di facebook. Berikut beberapa alasan mengapa orang menggunakan
facebook :
Saya bisa bertemu sahabat dan keluarga yang jaraknya jauh
dari tempat saya tinggal,
Anda juga bisa menemukan salah
seorang teman, keluarga atau mantan pacar yang telah lama tidak saya lihat,
Salah satu metode mencari teman terbaru dan sangat mudah
untuk digunakan,
Teman-teman saya telah memiliki akun
facebook, jadi saya nggak mau ketinggalan donk,
Anda ingin eksis di facebook,
misalnya: memasang foto-foto terkeren kepunya’an ku, pasang status seperti “habis
belanja di mall nih”
Nggak keren kalau nggak punya facebook,
Anda bisa berkenalan dengan orang
lain di facebook, bahkan bisa dapet pacar baru, atau bahkan selingkuhan, Aplikasi game dan kuis nya banyak banget,
Anda bisa curhat lewat facebook,
misalnya pasang status “kamu kox berubah ya!! Aku jadi nggak ngerti”, nanti ka
nada yang koment, mudah-mudahan aja dapet solusinya,
Anda bisa mempromosikan diri saya sendiri, kali aja dapet
pacar @ facebook,
Selain itu, Anda juga dapat
mempromosikan organisasi, sekolah, kampus, geng, komunitas bahkan bisnis yang
saya geluti.
2.5
Perubahan
Perilaku Siswa SMP Negeri 20 Malang
Karena Seringnya Pemakaian Facebook.
Facebook
telah merajalela di kalangan remaja. Siswa menjadi sangat senang untuk
menggunakan facebook, oleh karena itu siswa yang menggunakan facebook akhirnya
mendapatkan teman yang banyak dan mendapat pergaulan yang baru. Sehingga
timbulah perilaku yang baru terhadap siswa. Contohnya seperti sering melewatkan
waktu belajar dan lebih mementingkan bermain facebook daripada belajar.
2.6 Pengaruh Negatif Dari Facebook Di Kalangan Remaja.
Facebook
banyak memberikan dampak negatif bagi para remaja. Dengan adanya facebook,
perhatian remaja untuk belajar semakin berkurang. Waktu yang seharusnya
digunakan untuk belajar tergantikan untuk bermain facebook. Setiap harinya
kebanyakan para remaja mengisi waktunya untuk selalu online. Apalagi kini
kebanyakan handphone sudah dilengkapi layanan koneksi internet yang memudahkan
penggunanya untuk online dimana dan kapan pun.
Dampak negatif facebook semakin hari
semakin terasa, meskipun para facebookers banyak yang tidak menyadari akan
pengaruh negati facebook ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan yang
namanya facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya, yang tidak disadari.Buat
kamu para remaja dan siswa serta anak anak, kamu harus tahu apa saja dampak
negatif dari facebook. Karena pengguna facebook di dominasi oleh para remaja
usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Ini adalah sepuluh dampak facebook:
Ini adalah sepuluh dampak facebook:
- Tidak peduli dengan sekitarnya
Orang yang sudah kecanduan facebook
terlalu asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya). sehingga
tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang
telah kecanduan facebook sering mengalami hal ini.
- Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan
terlalu lama bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan
kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan
lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya
bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak
penting. Akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. Tentu yang dimaksud autis
di sini bukan dalam arti yang sebenarnya
-
Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka
facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari
warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila
dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa
dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka
menggunakannya untuk kepentingan bisnis
- Mengganggu kesehatan
- Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak duduk di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
- Berkurangnya waktu belajar
Ini sudah jelas, terlalu
lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai
siswa. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
-
Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor
satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka
temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka
terhadap keluarga menjadi berkurang.
-
Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan
data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang
baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya
menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali
bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
-
Mudah menemukan sesuatu berbau
pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau pornografi. Karena hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dan lain-lain.
- Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar pengguna facebook sering sekali terjadi
.
- Sering terjadi penipuan
- Sering terjadi penipuan
Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.
2.7
Upaya yang Dilakukan Untuk
Mengatasi Dampak Negatif Dari Facebook.
a. Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber-
Facebook-an.
b. Waspada atau
hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.
c. Ajak teman
pada saat ingin berjumpa dan hindarkan apabila di ajak ke tempat yang sepi.
d. Gunakan
Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.
e. Hindari
Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.
f. Orang tua
harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga
dengan beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini
mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak
asesuatu yang tidak kita inginkan.
2.8 Tujuan Mengatasi Dampak Negatif Dari Facebook.
Facebook
merupakan jaringan sosial yang terkenal. Facebook memiliki beberapa fasiltas
yang menarik, sehigga membuat kita tertarik. Namun facebook mempunyai beberapa
dampak negatif. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi dampa negatif tersebut
:
- Mengatur waktu. kita harus mengatur waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita. misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan facebook.
- Menghargai orang lain. Dengan mengharai orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau menyindir orang tersebut di facebook.
- Bisa menentukan proritas. Kita harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka facebook.
- Kita harus mengetahui fungsi facebook. Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
- Membatasi membuka facebook. Dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.
2.9
Hasil Analisis Angket Tentang
Pengaruh Facebook Terhadap Prestasi Siswa SMP Negeri 20 Malang.
Berdasarkan penyebaran angket
tentang pengaruh facebook terhadap
prestasi siswa pada hari Sabtu, 30 November kami memperoleh data sebagai
berikut:
Pertanyaan pertama. Apakah anda
memiliki facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 89% menjawab YA, sedang 11%
menjawab TIDAK. Dari hasil diatas bisa disimpulkan bahwa facebook telah
merajalela di kalangan siswa SMPN 20 Malang.
Pertanyaan kedua. Apakah
Anda memiliki facebook karena mengikuti teman-teman / trend? Dari 100 siswa , sebanyak 17 % menjawab YA, sedang 71%
menjawab TIDAK, dan 12 % menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas, bisa
disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menggunakan facebook
karena untuk kepentingan atau keinginan mereka sendiri.
Pertanyaan
ketiga. Apakah anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar? Dari
100 siswa, sebanyak 10% menjawab YA, sedangkan 74% menjawab TIDAK, dan 17%
menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20
Malang tidak terlelu sering menggunakan facebook dan lebih memilih untuk
belajar daripada hanya sekedar menggunakan facebook.
Pertanyaan keempat. Apakah Anda bisa
membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook? Dari 100 Siswa, sebanyak
75% persen menjawab YA, sedangkan 8% menjawab TIDAK, dan 17% menjawab
RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih
tidak bisa membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar.
Pertanyaan kelima. Apakah Anda
menggunakan facebook untuk kepentingan belajar? Dari 100 siswa, sebanyak 18%
menjawab YA, sedangkan 44% menjawab TIDAK, dan 38% menjawab RAGU – RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malangmenggunakan facebook
tidak untuk kepentingan belajar melainkan untuk melihat hal-hal yang kuarang
penting.
Pertanyaan keenam. Apakah Anda
mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook? Dari 100 siswa,
sebanyak 34% menjawab YA, sedangkan 41% menjawab TIDAK, dan 25% menjawab RAGU-RAGU.
Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang rata-rata tidak
mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook.
Pertanyaan ketujuh. Apakah Anda
menjadi malas belajar akibat menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 13%
menjawab YA, sedangkan 77% menjawab TIDAK, dan 11% menjawab RAGU-RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menjadi malas belajar
akibat terlalu sering menggunakan facebook.
Pertanyaan kedelapan. Apakah Anda
pernah mendapat informasi tentang pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi
Anda pada facebook? Dari 100 siswa sebanyak 63% menjwab YA, sedangkan 22%
menjawab TIDAK, dan 15% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan
bahwa siswa SMPN 20 Malang pernah mendapatkan informasi tentang pembelajaran
mereka
Pertanyaan kesembilan. Apakah Anda
sudah berupaya untuk membatasi penggunaan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak
81% menjawab YA, sedangkan 11% menjawab TIDAK, dan 7 % menjawab RAGU-RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih belum bisa
membatasi waktu anatara menggunakan facebook untuk belajar.
Pertanyaan kesepuluh. Apakah Anda
pernah melalaikan tugas karena menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak
17% menjawab YA, sedangkan 77% menjawab TIDAK, dan 6% menjawab RAGU-RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang kebanyakan masih
memilih mengerjakan tugas mereka meskipun mereka menggunakan facebook.
Pertanyaan kesebelas. Apakah Anda
pernah berbagi ilmu di dalam facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 58% menjawab
YA, sedangkan 27% menjawab TIDAK, dan 16% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas
dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menggunakan facebook bukan hanya
sekedar untuk melihat hal-hal yang kurang penting tetapi juga bias menjadi
tempat untuk berbagi ilmu.
Pertanyaan keduabelas. Apakah
prestasi Anda menjadi meningkat karena sering menggunakan facebook? Dari 100
siswa, sebanyak 6% menjawab YA, sedangkan sebanyak 61% menjawab TIDAK, dan 33%
menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa facebook bukan
hanya memiliki dampak negative bagi siswa tetapi juga memiliki dampak positif
bagi siswa SMPN 20 Malang yaitu dapat meningkatkan prestasi mereka dengan
adanya ilmu pengetahuan didalam facebook.
Pertanyaan ketigabelas. Apakah Anda
lebih rajin membuka facebook daripada membaca buku pelajaran? Dari 100 siswa
sebanyak 47% menjawab YA, sedangkan 35% menjawab TIDAK, dan 18% menjawab
RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang
nyatanya masih lebih mementingkan membuka facebook daripada harus membuka buku
pelajaran mereka.
Pertanyan keempatbelas. Apakah
prestasi belajar Anda menurun akibat Anda membuka facebook? Dari 100 siswa
sebanyak 15% menjawab YA, sedangkan 35% menjawab TIDAK, dan 20% menjawab
RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang
rata-rata prestasi mereka menurun akibat terlalu sering membuka atau
menggunakan facebook.
Pertanyaan kelimabelas. Apakah Anda
sudah berupaya agar prestasi belajar labih naik meskipun menggunakan facebook?
Dari 100 siswa sebanyak 36s% menjawab YA, sedangkan 3% menjawab TIDAK, dan 61%
menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpilkan bahawa siswa SMPN 20
Malang masih repot repot untuk manaikkan prestasi mereka meskipun mereka sering
menggunakan facebook.
Pertanyaan keenambelas. Apakah Anda
sudah berupaya untuk membendung pengaruh negative facebook? Dari 100 siswa
sebanyak 83% menjawab YA, sedangkan 4% menjawab TIDAK, dan 13% menjawab
RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih
berupaya untuk membendung pengaruh negative dari facebook meskipun banyak
sekali pengaruh negative dari facebook yang bias menurunkan prestasi siswa.
Pertanyaan ketujuhbelas. Apakah Anda
pernah mendapat sanksi dari orang tua karena prestasi belajar Anda menurun
akibat facebook? Dari 100 siswa sebanyak 24% menjawab YA, sedangkan 63%
menjawab TIDAK, dan 13% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan
bahwa siswa SMPN 20 Malang tetap memperhatikan prestasi mereka meskipun mereka
menggunakan facebook, oleh karena itu mereka tidak pernah mendapat sanksi dari
orang tua mereka.
Pertanyaan kedelapanbelas. Apakah
karena prestasi Anda, membuat Anda mempunyai banyak teman difacebook? Dari 100
siswa sebanyak 26% menjawab YA, sedangkan 49% menjawab TIDAK, dan 25% menjawab RAGU-RAGU.
Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ternyata meskipun mereka mempunyai
prestasi belajar tidak mempengaruhi teman mereka di facebook.
Pertanyaan kesembilanbelas. Apakah
orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook? Dari 100 siswa sebanyak
61% menjawab YA, sedangkan 27% menjawab TIDAK, dan 12% menjawab RAGU-RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa SMPN 20 Malang selalu
diawasi orang tua mereka dalam menggunakan facebook agara tidak terpengaruh
oleh pengaruh negative dari facebook.
Pertanyaan keduapuluh. Apakah
facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda? Dari 100 siswa sebanyak 5%
menjawab YA, sedangkan 60% menjawab TIDAK, dan 35% menjawab RAGU-RAGU. Dari
hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang rata-rata berpendapat
facebook tidak memiliki peran bagitu penting terhadap prestasi mereka.
BAB
III
PENUTUP
Dalam bab ini penulis akan
menguraikan tentang (1) Simpulan dan (2) Saran.
3.1
Simpulan
Dari dugaan hipotesis yang kami duga ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada siswa SMPN 20 Malang. Dan dari hipotetis yang kami duga bahwa kuatnya pengaruh media informasi televisi, koran / majalah, internet dan sebagaimana yang meliputi berbagai hiburan sehingga menjadi terpengaruh akan facebook tanpa melalui pertimbangan ternyata tidak sesuai dengan dugaan kami. Hanya beberapa saja dari dugaan kami yang benar, seperti beberapa pengaruh negatif dari facebook
Dari dugaan hipotesis yang kami duga ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada siswa SMPN 20 Malang. Dan dari hipotetis yang kami duga bahwa kuatnya pengaruh media informasi televisi, koran / majalah, internet dan sebagaimana yang meliputi berbagai hiburan sehingga menjadi terpengaruh akan facebook tanpa melalui pertimbangan ternyata tidak sesuai dengan dugaan kami. Hanya beberapa saja dari dugaan kami yang benar, seperti beberapa pengaruh negatif dari facebook
3.2 Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis dapat menarik
beberapa saran yang melibatkan beberapa komponen yang dapat membantu siswa SMPN
20 Malang agar menggunakan facebook dengan sebaik-baiknya, beberapa diantaranya
yaitu sebagai berikut:
3.2.1
Bagi
Siswa
1. Diharapkan
siswa SMPN 20 Malang tidak menjadi malas belajar karena sering menggunakan
facebook.
2. Tidak
menyalahgunakan facebook.
3. Diharapkan
siswa mendapatkan ilmu pengetahuan di dalam facebook.
4. Dengan
adanya facebook siswa dapat meningkatkan prestasi mereka dengan adanya ilmu
pengetahuan dalam facebook.
5. Dapat
berbagi ilmu di dalam facebook.
3.2.2
Bagi
Guru
1. Guru
memperhatikan siswa dalam menggunakan facebook.
2. Membimbing
siswa agar tidak menyalahgunakan facebook.
3. Memberikan
penyuluhan kepada siswa agar tidak terjerumus ke dalam dampak negative siswa.
4. Memperingatkan
kepada siswa agar tidak terlalu menggunakan facebook.
5. Melarang
siswa membawa handphone.
6. Diberlakukannya
Tata Tertib Siswa.
DAFTAR
RUJUKAN
1.
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110925072628AACGyIT, (diakses
28 Desember 2014 pukul 17.21)
2.
http://farentysiregar.blogspot.com/2014/03/pengaruh-facebook-terhadap-prestasi.html, (diakses 27
Desember 2014 pukul 10.32)
3.
http://digilib.unimed.ac.id/pengaruh-jejaring-sosial-facebook-terhadap-prestasi-belajar-mahasiswa/29792
(diakses 27 Desember 2014 pukul 09.55)
4.
http://lussychandra.blogspot.com/2013/02/karya-ilmiah-pengaruh-jejaring-sosial.html
(diakses 25 Desember 2014 pukul
10.10)
5.
http://ardisonic.com. Ardisonic. 2010. Hati-hati Efek
Buruk Facebook. (Diakses 22
Desember 2014 pukul 09.48)
6. http//vizbizportal.com/ Dewi. 2010. Pengaruh Situs Jejaring Sosial (Facebook,
Twitter) terhadap Para Penggunanya. (Diakses 24 Desember 2014 pukul 12.36)
7.
www.tempointeraktif.com Ismail, Ade. 2009. Facebook
Bikin Rapor Jeblok (Diakses 24 Desember 2014 pukul 13.22)
8.
www.detikinet.com Ismail, Ade.
2009. Studi: Facebook Turunkan Nilai Akademik (Diakses 9 Desember 2014 pukul 08.55)
LAMPIRAN
A)
Daftar
pertanyaan wawancara Orang Tua
1. Bagaimana
cara Bapak mengawasi anak dalam penggunaan facebook?
2. Bagaimana
cara Bapak membatasi anak dalam penggunaan facebook?
3. Menurut
Bapak, mengapa anak Bapak sering menggunakan facebook?
4. Apa
dampak positif dari anak Bapak
yang menggunakan facebook?
5. Apakah
facebook lebih banyak dampak negatifnya terhadap anak bapak? Mengapa?
6. Bagaimana
prestasi belajar anak Bapak
selama menggunakan facebook?
7. Bagaimana
cara Bapak mengatasi
prestasi belajar anak bapak yang menurun akibat terlalu sering menggunakan
facebook?
8. Bagaimana
sikap Bapak selanjutnya
agar anak tidak terlalu sering menggunakan facebook?
9. Bagaimana
upaya Bapak agar
prestasi belajar anak lebih naik meskipun sering menggunakan facebook?
10. Bagaimana
pendapat Bapak
dengan banyaknya anak yang lebih mementingkan menggunakan facebook dibandingkan
belajar?
Jawaban
wawancara Orang Tua
1. Dengan
cara memperingatkannya untuk tidak sesering mungkin menggunakan facebook.
2. Dengan
cara membatasi pemberian uang pada anak saat ingin pergi ke warnet.
3. Mungkin
karena di facebook dia memiliki banyak teman sehingga ia menjadi betah
berlama-lama menggunakan facebook.
4. Anak
saya jadi memiliki banyak teman dan juga terdapat banyak hal hal yang beru di
dalam facebook.
5. Menurut
saya iya, misalnya saja karena dengan banyaknya teman yang ia miliki ia menjadi
terpengaruh oleh teman temannya dan terjerumus terhadap kedalam pergaulan yang
dianggap kurang baik bagi anak.
6. Tetap
meningkat
7. Tidak
memperbolehkannya bermain facebook, atau dengan cara menyita handphonennya.
8. Lebih
menekankan pada belajar anak.
9. Membagi
waktu antara menggunakan facebook dengan belajar.
10. Sebaiknya
orang tuanya memberitahukan kepada anaknya agar tidak terlalu menggunakan facebook
dan lebih mementingkan belajar.
B)
Daftar pertanyaan wawancara
Siswa
1. Apa
alasan Anda menggunakan facebook?
2. Apa
yang Anda lakukan agar prestasi belajar tidak menurun akibat menggunakan
facebook?
3. Menurut
Anda, manfaat apa yang diperoleh dari menggunakan facebook?
4. Apa
dampak positif yang Anda rasakan selama menggunakan facebook?
5. Apakah
menurut Anda dampak negatif menggunakan facebook lebih banyak daripada dampak
positifnya? Mengapa?
6. Pengaruh
apa yang Anda rasakan akibat dari penggunaan facebook terhadap prestasi belajar
Anda?
7. Apakah
Anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar? Mengapa?
8. Apakah
orang tua pernah tidak memperbolehkan Anda menggunakan facebook? Mengapa?
9. Bagaimana
cara Anda membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar?
10. Upaya
apa yang akan Anda lakukan jika prestasi belajar Anda menurun akibat terlalu
sering menggunakan facebook?
Jawaban wawancara Siswa
Kelas 7I (Taufik)
1.
Untuk mencari informasi
2. Rajin
belajar dan mengurangi menggunakan facebook.
3. Dapat
mengenal teman dari berbagai daerah
4. Mendapatkan
banyak teman mandapatkan informasi dari teman
5. Iya,
nilai jelek
6. Prestasi
menurun karena tidak dapat membagi waktu
7. Tidak,
jarang membuka facebook daripada belajar, agar prestasi tetap meningkat.
8. Pernah,
karena prestasi menurun.
9. Sehari
maksimal 1 jam.
10.
Mengurangi menggunakan facebook dan
meningkatkan belajar.
Kelas 8B (Siti Nur)
1.
Dipake untuk media komunikasi.
2. Membayasi
dalam menggunakan facebook.
3. Dapat
berkomunikasi jarak jauh dengan teman dan dapat mengenal teman lebih dekat.
4. Dapat
menambah informasi.
5. Iya,
karena belum pernah ketemu terus bertemu di dunia maya.
6. Menjadi
malas belajar.
7. Dulu
memamg lebih sering facebookan, tapi sekarang sudah tobat, karena sudah tau
sisi negatifnya.
8. Tidak
oernah, hanya diingatkan tidak boleh sering sering.
9. Memakai
facebook saat menganggur.
10.
Lebih memperbanyak balajar.
Kelas 9F (Oktavia Nurul)
1.
Untuk komunikasi jarak jauh.
2. Tidak
menggunakan facebook terlalu lama.
3. Dapat
berkomunikasi dengan midah.
4. Dapat
berkomunikasi dan mendapatkan informasi.
5. Tergantung
yang memakai, karena kita menggunakan facebook dengan baik maka mendapat hasil
yang baik dan sebaliknya.
6. Ada
beberapa ilmu yang saya dapatkan untuk menunjang cara belajar saya.
7. Tidak,
labih mementingkan belajar.
8. Tidak,
karena orang tua saya mengetahui bahwa saya tahu waktu kapan belajar dan kapan
menggunakan facebook.
9. Menggunakan
facebook saat diperlukan saja.
10.
Tidak memakai facebook selama waktu yang
ditentukan.
B)
Daftar
pertanyaan wawancara Guru
1.
Apa pendapat Bapak tentang facebook?
2.
Apa kegunaan dari facebook?
3.
Menurut Bapak apa dampak
positif dari facebook?
4.
Apa dampak negatif dari facebook?
5.
Menurut Bapak apa yang
dapat dilakukan untuk mencegah dampak negatif dari facebook?
6.
Menurut Bapak apa tujuan dari penggunaan
facebook?
7.
Apa
pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMPN 20 Malang?
8.
Menurut Bapak apa yang harus dilakukan siswa agar prestasi
belajarnya tidak menurun akibat terlalu sering menggunakan facebook?
9.
Bagaimana
pendapat Bapak mengenai siswa SMPN 20 Malang yang menyalahgunakan facebook?
10.
Bagaimana pendapat Bapak dengan banyaknya siswa yang menghabiskan
waktu hanya untuk bermain facebook?
Jawaban
wawancara guru
1. Jejaring
sosial yang berfungsi sebagai alat komunikasi.
2. Sebagai
alat komunikasi.
3. Kita
dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan adanya facebook, dan juga dapat
menghubungkan kita dengan orang lain apa itu orang dalam negeri maupun luar
negeri.
4. Dapat
menjerumuskan orang terhadap pergaulan bebas,
5. Lebih
memperingatkan anak untuk tidak terlalu sering menggunakan facebook.
6. Untuk
alat komunikasi jarak jauh, misalnya saja untuk menguhubungkan seseorang yang
sudah lama tidak bertemu dapat mennggunjakan facebook untuk berkomunikasi.
7. Menurut
saya tergantung siswa yang menggunakan, jika siswa dapat membagi waktu antara
menggunakan facebook dengan belajar, memungkinkan facebook tidak berpengaruh
terhadap prestasi siswa.
8. Harus
bisa membagi waktu anatara menggunakan facebook dengan belajar.
9. Menurut
saya itu bukanlah perilaku yang bias dicontoh, sebaiknya orang tua mereka
menasihati anaknya agar tidak terlalu menggunakan facebook, supaya anak tidak
sampai menyalahgunakan facebook.
10. Menurut
saya lebih baik waktu itu digunakan untuk belajar daripada menggunakan sesuatu
yang tidak terlalu penting seperti bermain facebook.
1) Daftar
pertanyaan angket
NO
|
PERTANYAAN
|
Ya
|
Tidak
|
Ragu-Ragu
|
1.
|
Apakah
Anda memiliki facebook?
|
|||
2.
|
Apakah
Anda memiliki facebook karena mengikuti teman – teman / trend?
|
|||
3.
|
Apakah
Anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar?
|
|||
4.
|
Apakah
Anda bisa membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook?
|
|||
5.
|
Apakah
Anda menggunakan facebook untuk kepentingan belajar?
|
|||
6.
|
Apakah
Anda mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook?
|
|||
7.
|
Apakah
Anda menjadi malas
belajar akibat sering menggunakan facebook?
|
|||
8.
|
Apakah
Anda pernah mendapat
informasi tentang pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi Anda?
|
|||
9.
|
Apakah
Anda sudah berupaya untuk
membatasi penggunaan facebook?
|
|||
10.
|
Apakah
Anda pernah melalaikan tugas
karena menggunakan facebook?
|
|||
11.
|
Apakah
Anda pernah berbagi ilmu di
dalam facebook?
|
|||
12.
|
Apakah
prestasi Anda menjadi
meningkat karena sering menggunakan facebook?
|
|||
13.
|
Apakah
Anda lebih rajin membuka
facebook daripada membaca buku pelajaran?
|
|||
14.
|
Apakah
prestasi belajar anda menurun akibat Anda menggunakan facebook?
|
|||
15.
|
Apakah
Anda sudah berupaya agar prestasi belajar lebih naik meskipun menggunakan
facebook?
|
|||
16.
|
Apakah
Anda sudah berupaya untuk membendung pengaruh negatif facebook?
|
|||
17.
|
Apakah
Anda pernah mendapat sanksi dari
orang tua karena prestasi belajar Anda yang menurun akibat facebook?
|
|||
18.
|
Apakah
karena prestasi Anda, membuat
Anda mempunyai banyak teman di facebook?
|
|||
19
|
Apakah
orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook?
|
|||
20.
|
Apakah
facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda?
|
2) Diagram
hasil Angket
1.
Apakah Anda memiliki facebook?

2.
![]() |
Apakah Anda memiliki facebook karena mengikuti teman – teman atau trend?
3. Apakah
Anda lebih sering mrnggunakan facebook daripada belajar?

4.
Apakah Anda bisa
membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook?

5. Apakah
Anda menggunakan facebook untuk kepentingan belajar?

6. Apakah
Anda mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook?

7. Apakah
Anda menjadi malas belajar akibat menggunakan facebook?

8. Apakah
Anda pernah mendapat informasi tentang pembelajaranyang berpengaruh pada
prestasi Anda?

9. Apakah
Anda sudah berupaya untuk membatasi penggunaan facebook?

10. Apakah
Anda pernah melalaika tugas karena menggunakan facebook?

11. Apakah
Anda pernah berbagi ilmu di
dalam facebook?

12. Apakah
prestasi Anda menjadi meningkat karena sering menggunakan facebook?

13. Apakah
Anda lebih rajin membuka facebook daripada membaca buku pelajaran?

14. Apakah
prestasi belajar anda menurun akibat Anda menggunakan facebook?

15. Apakah
Anda sudah berupaya agar prestasi belajar lebih naik meskipun menggunakan
facebook?

16.
Apakah Anda sudah berupaya untuk membendung pengaruh negatif facebook?

17. Apakah
Anda pernah mendapat sanksi dari orang tua karena prestasi belajar Anda yang
menurun akibat facebook?

18. Apakah
karena prestasi Anda, membuat Anda mempunyai banyak
teman di facebook?

19. Apakah
orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook?

20. Apakah
facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda?

3)
Foto atau Gambar pendukung
Gambar-gambar
diatas diambil pada tanggal 22 desember 2014 pukul 10.45
Aidha's blog is such a nice post, i like the way you have explained issues and the way you make it easy for readers to get the message. Writing jobs online I do love what i see and it would be my wish to keep seeing more helpful and motivating posts.
BalasHapusGaple Online terbaik
BalasHapusGaple Online terpercaya
situs Gaple Online
Gaple Online
daftar Gaple Online
agen Gaple Online terbaik
daftar Gaple Online terpercaya
agen Gaple Online
http://www.kingpoker365.altlogin.com
BalasHapushttp://www.nasibqq.altlogin.com
http://www.rajapoker99.altlogin.com
http://www.99onlinepoker.altlogin.com
http://www.aduqq.altlogin.com
http://www.ajaibqq.altlogin.com
http://www.asikpoker.altlogin.com
http://www.asikqq.altlogin.com
http://www.capsa365.altlogin.com
http://www.cintapoker.altlogin.com
http://www.cobaqq.altlogin.com
http://www.daftarpoker.altlogin.com
http://www.danaqq.altlogin.com
http://www.desaqq.altlogin.com
http://www.dewapoker.altlogin.com
http://www.dewaqq.altlogin.com
http://www.gamekartu.altlogin.com
http://www.gaple.altlogin.com
http://www.garampoker.altlogin.com
http://www.gelanggangqq.altlogin.com
http://www.hitsqq.altlogin.com
http://www.ibet57.altlogin.com
http://www.idola999.altlogin.com
http://www.idolapoker.altlogin.com
http://www.idrpoker.altlogin.com
http://www.inipoker.altlogin.com
http://www.ipokerqq.altlogin.com
http://www.istanapoker.altlogin.com
http://www.itudomino.altlogin.com
http://www.ituqq.altlogin.com
http://www.jadiqq.altlogin.com
http://www.jasapoker.altlogin.com
http://www.jawapoker88.altlogin.com
http://www.jeeptoto.altlogin.com
http://www.jokiqq.altlogin.com
http://www.jokitogel.altlogin.com
http://www.jordanpoker.altlogin.com
http://www.juarapoker.altlogin.com
http://www.juvepoker.altlogin.com
http://www.kartubos.altlogin.com
http://www.kartuemas.altlogin.com
http://www.kartuqq.altlogin.com
http://www.kingpoker.altlogin.com
http://www.kipasqq.altlogin.com
http://www.kompasqq.altlogin.com
http://www.lapakqq.altlogin.com
http://www.ligacapsa.altlogin.com
http://www.ligapoker.altlogin.com
http://www.macanpoker88.altlogin.com
http://www.masterdomino99.altlogin.com
http://www.mbopoker.altlogin.com
http://www.mejavip.altlogin.com
http://www.menangqq.altlogin.com
http://www.menuqq.altlogin.com
http://www.motobolapoker.altlogin.com
http://www.murniqq.altlogin.com
http://www.musimqq.altlogin.com
http://www.nadaqq.altlogin.com
http://www.negaraqq.altlogin.com
http://www.Ntpoker.altlogin.com
http://www.panasqq.altlogin.com
http://www.pangerantoto.altlogin.com
http://www.pasarpoker.altlogin.com
http://www.pasarqq.altlogin.com
http://www.pelangiqq.com.altlogin.com
http://www.pojokqq.altlogin.com
http://www.poker303.com.altlogin.com
http://www.poker757.altlogin.com
http://www.poker88.altlogin.com
http://www.pokernusa.altlogin.com
http://www.pokeronline99.altlogin.com
http://www.pokerterang.altlogin.com
http://www.pokertop1.altlogin.com
http://www.pulsaqq.altlogin.com
http://www.rajacapsa.altlogin.com
http://www.rajadomino88.altlogin.com
http://www.rajapoker88.altlogin.com
http://www.rantaiqq.altlogin.com
http://www.ratuq9.altlogin.com
http://www.royalpoker88.altlogin.com
http://www.royalqq.altlogin.com
http://www.sakaupoker.altlogin.com
http://www.salesqq.altlogin.com
http://www.sedap303.altlogin.com
http://www.sedapkartu.altlogin.com
http://www.sedappoker.altlogin.com
http://www.sedapqq.altlogin.com
http://www.sindikatqq.altlogin.com
http://www.sotoqq.altlogin.com
http://www.Turbo4D.altlogin.com
http://www.vbpoker.altlogin.com
http://www.vipmandiriqq.altlogin.com
http://www.warung757.altlogin.com
Halo teman-teman DEWADOMNIQQ kami hadir dengan banyak keuanggulan baru yang akan membuat anda tertarik dan membuat permainan anda lebih seru.kami hadir memberikan kelebihan sebagai berikut :
BalasHapus1. proses dana AMAN & CEPAT hanya butuh 1-3 menit saja
2. pelayanan yang uanggul,terjamin dan sangan terpercaya
3. Penting...!!! permainan yang fair tanpa robot dan admin.
4. server dan sistem yang sudah dijamin aman sehingga akun member dijamin terjaga dengan baik
DEWADOMNIQQ juga memberikan bonus yang besar dan promo" menarik berupa
> Bonus CashBack/TurnOver sebesar 0,5% <
> Bonus Refrensi/Rwferral sebesar 20 % <
Minimal untuk Deposit & Withdraw sebesar @RP. 15.000
Tersediah 6 BANK lokal yang dapat digunakan dan mempermudahtransaksi anda.
#BCA #BNI #BRI #MANDIRI #DANAMON #CIMBNIAGA
Pelayanan Website nonstop 24 jam sehari dengan customer servic yang profesional dan terbaik
segerah login dan buat akun anda di : www TribunQQ .COM
jangan ketinggalan keseruan bersama DEWADOMNIQQ
Segerah hub agen kami
contact pin bbm >> 2BAE0D7A
Contack person >> +85593827629
Contack Skype >> Tribunqq99@yahoo.com
kami juga memiliki partner yang memiliki permainan" yang fantastik dan memberikankeseruan tanpa batas.
> BandarSakong (Segera Hadir..!!!)
> Poker Online
> Bandarpoker
> DominoQQ
> BandarQ
> AduQ
> Capsa susun
ini lah Game terpopuler kami saat ini
> Tembak Ikan/Fish Hunter -> www gg626 com
> Sabung Ayam/Cock Fight -> www s128 net
jangan lupa bermain ya,nikmati keseruan bersama kami DEWADOMNIQQ