PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI SISWA



PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 20 MALANG

Disusun untuk Melengkapi Tugas Bahasa Indonesia sebagai Syarat Mengikuti Ujian Nasional



 







Disusun oleh :
Kelompok 8 (9C)
1.             Monica Made Aprilia        (05)
2.             Aidha Rizmatika                (16)
3.             Aisya Putri Romadona      (17)
4.             Fitria Ayu Lestari              (29)

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 MALANG
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor 38 Malang Telp. (0341) 491806
Tahun Pelajaran 2014 – 2015


MOTTO
Lebih baik belajar daripada menggunakan hal-hal yang tidak berguna.”

“Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya.”

“Raihlah prestasimu setinggi mungkin.”

“Carilah hal yang bermanfaat untukmu, orang lain, dan masa depan.”






LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis berjudul “Pengaruh Facebook terhadap Prestasi Siswa SMP Negeri 20 Malang”, ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015.





Disetujui oleh :

Kepala SMP Negeri 20 Malang,                          Guru Pembimbing,


Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd                  Dra. Rubiati, M.Pd                                                                                  NIP. 19641005 1989032009                              NIP. 19680911 1995122005




KATA PENGANTAR

       Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkah, rahmat, dan hidayahnya. Sehingga karya tulis yang berjudul “Pengaruh Facebook terhadap Perstasi Siswa SMP Negeri 20 Malang” ini dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Penulis membuat karya tulis in bertujuan agar para siswa - siswi SMP Negeri 20 Malang mengerti pengaruh dari facebook yang banyak memberi dampak baik positif maupun dampak negatif terhadap prestasi siswa SMPN 20 Malang.
Penyusunan karya tulis ini tentunya tidak lepas dari bantuan, arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terimakasih yang pertama kepada Ibu Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd selaku kepala SMP Negeri 20 Malang yang telah membantu penulis untuk mengesahkan karya tulis sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Yang kedua kepada Ibu Dr. Rubirti, M.Pd selaku Guru Pembimbing dan Guru mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan, arah, dan masukan hngga karya tulis ini dapat diselesaikan. Yang ketiga kepada Bapak Edi Santoso, S.Pd selaku Guru TIK yang telah memberikan waktunya untuk diwawancarai. Yang keempat kepada Annisa Lathifa Grafilia selaku siswa SMP Negeri 20 Malang yang telah meluangkan waktunya untuk diwawancarai. Yang kelima kepada Orang Tua dari Monica Made Aprilia yang juga telah meluangkan waktunya untuk diwawancarai. Yang keenam kepada Orang Tua dan segenap keluarga penulis yang telah memberikan bantuan moril, materil jua dorongan supaya penulisan karya tulis ini selesai tepat pada waktunya. Tidak lupa Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada siswa – siswa SMPN 20 Malang dan pihak – pihak lain yang tidak bisa penuls sebutkan satu per sau yang membantu dalam penyelesaian karya tulis ini.
Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan penulisan karya tulis ini, tetapi penulis menyadari bahwa penyusunan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak.
Semoga karya tulis ini banyak memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis khususnya. Selain itu penulis juga berharap kepada siswa-siswi SMP Negeri 20 Malang untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook yang dapat berdampak terhadap prestasi.
                                                                                              Malang, 5 Januari 2015

                                                                                                            Penulis






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………………………….i
HALAMAN MOTTO…….………………………………………………………….ii
LEMBAR PENGESAHAN...……………………………………………………….iii
KATA PENGANTAR………………………………………………………………iv
DAFTAR ISI………………………………………………………………………...vi
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………1
1.1  Latang Belakang………………………………………………………………….1
1.2  Ruang Lingkup Masalah…………………………………………………………...
1.3  Pembatasan Masalah……………………………………………………………….
1.4  Rumusan Masalah………………………………………………………………….
1.5  Tujuan Penulisan…………………………………………………………………
1.5.1        Tujuan Umum…………………………………………………………...
1.5.2        Tujuan Khusus…………………………………………………………
1.6  Manfaat Penelitian…………………………………………………………………
1.6.1        Bagi Guru……………………………………………………………….
1.6.2        Bagi Siswa………………………………………………………………
1.7  Anggapan Dasar dan Hipotesis…………………………………………………….
1.7.1        Anggapan Dasar ………………………………………………………..
1.7.2        Hipotesis………………………………………………………………...
1.8  Sumber Data dan Metode………………………………………………………….
1.8.1  Sumber Data…………………………………………………………….
1.8.2  Metode…………………………………………………………………..
                 1.8.2.1 Wawancara……………………………………………………..
                 1.8.2.2 Angket………………………………………………………….
                 1.8.2.3 Observasi……………………………………………………….
BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN…………………………………………..
2.1 Definisi facebook…………………………………………………………..
2.2 Sejarah facebook …………………………………………………………..
2.3 Macam-macam fasilitas facebook yang diminati siswa SMP Negeri 20  
 Malang……………………………………………………………………….
2.4 Alasan siswa SMP Negeri 20 malang sering menggunakan   
facebook………………………………………………………………………
2.5 Perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang karena seringnya
 pemakaian facebook…………………………………………………………
2.6
Pengaruh negatif dari facebook di kalangan remaja…………………...........
2.7 Upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari facebook…….
2.8 Tujuan mengatasi dampak negatif dari facebook. …………………………..
2.9 Hasil analisis angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang……………………………………………………..
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………
3.1 Simpulan……………………………………………………………………………
3.2 Saran………………………………………………………………………………..
       3.2.1    Bagi Siswa…………………………………………………...…………….
       3.2.2    Bagi Guru…………………………………………………………………..
DAFTAR RUJUKAN………………………………………………………………....
LAMPIRAN…………………………………………………………………………...
DAFTAR PERTANYAAN ANGKET......…………………………………………...
DIAGRAM HASIL ANGKET……………......………………………………………
FOTO ATAU GAMBAR PENDUKUNG…………………………………………....



BAB I

PENDAHULUAN

          Dalam bab ini penulis akan membahas tentang (1) latar belakang, (2) ruang lingkup masalah, (3) pembatasan masalah, (4) rumusan masalah, (5) tujuan penelitian, (6) manfaat pnelitian, (7) anggapan dasar dan hipotesis, serta (8) sumber data dan metode.

1.1      Latar Belakang
              Facebook mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat ini. Mulai dari anak – anak sampai orang tua.
     Situs jejaring sosial mungkin leih banyak dirasakan oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adaah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi anggota dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja ataupun hanya coba  coba mendaftarkan dirinya menjdai pengguna situs jejaring sosial tersebut. Tidak butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses dan membuka situs – situs jejaring sosial tersebut, dan berinteraksi secara pasif di dalamnya. Akibat pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa waktu karena terlalu ayik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut.
     Setiap teknologi baru,apapun bentuknya,pasti mempunyai dmpak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook. Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan dampak yang negatif. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering terjadi adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar. Coba saja bandingkan lama waku seorang pelajar saat membuka buku dengan lama waktu saat membuka facebook. Bahkan saat belajarpun selalu menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook temannya, akbatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan materi pelajaran yang sedang dipelajaripun tidak akan dipahami secara maksimal.
     Dalam pemantauan penulis di SMP Negeri 20 Malang, ada fenomena atau masalah yang ditemukan. Sekolah ini melarang siswanya untuk membawa handphonedi sekolah dengan alasan agar tidak mengganggu siswa dalam proses belajar mengajar. Namun faktanya, terdapat beberapa siswa yang mash membawa handphone, salah satunya untuk mengakses jejaring sosial facebook meskipun tanpa sepengetahuan guru. Bahkan terkadang ada siswa yang meng-update status ketika guru sedang menjelaskan matei pelajaran.
     Fenomena facebook di kalangan pelajar perlu mendapat perhatian. Pengguanaan facebook tidak akan menimbulkan dampak yang huruk jika digunakan sebagaimana semestinya, normal, dan idak berlebihan. Jika terlalu sering menggunakan facebook dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang tidak sehat.
     Berdasarkan uraian di atas maka penulis berinisiatif mengambil judul “Pengaruh Facebook Terhadap Prestasi Siswa SMP Negeri 20 Malang” sebagai tema karya tulis ini. Peneliti merasa perlu untuk meneliti hal tersebut karena penulis melihat masih banyak sekali siswa – siswi SMP Negeri 20 Malang yang menjadi terpengaruh oleh dampak facebook untuk prestasi.
1.2              Ruang Lingkup Masalah
           Penulis akan membahas tentang pengaruh facebook terhadap prestasi belajar remaja indonesia. Seiring perkembangan zaman mod komunikasi semakin canggih dan sangat mudah untuk diakses saat ini. Pada umumnya banyak remaja yang menggunakan facebook sebagai tren atau gaya hidup mereka saaat ini. Facebook tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi namun dapat digunaan sebagai media informasi.
                   Pada umumnya usia remaja merupakan usia kritis dimana mereka memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap apa saja informasi yang berkembang saat ini. Mereka dapat mencari hal-hal tersebut dengan mudah melalui beberapa media dan situs jejaring sosial seperti facebook dll, misalnya berupa vidio, teks, gambar dan lain sebagainya. Saat ini internet sudah sangat umum ditelinga kita, situs komunikasi ini bisa digunakan dengan mudah dengan menggunakan bebrbagai alat seperti laptop, tablet, dan handphone yang sering kita gunakan dan bawa kemanapun. Banyak remaja yang mengakses informasi atau sesuatu yang baru dari facebook. Terkadang facebook sering disalah gunakan untuk kepentingan yang kurangbaik.
                   Dampak dari permasalahan ini sangat berpengaruh bagi para remaja, salah satu dampaknya dapat mengakses dan menyebarkan foto, vidio ataupun teks yang mengandung unsur sara maupun pornografi. Selain itu yaitu terkadang mengkonfirmasi orang yang sama sekali belum di kenal. Kemudian ada juga saat membuat janji dengan lawan jenis untuk bertemu dan berkomunikasi secara langsung tanpa mengetahui identitas dan usal usulnya. Sehingga terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan dan sangat merugikan untuk diri sendiri dan kami akan memebahasnya dalam bab ini 
1.3              Pembatasan Masalah          
Berdasarkan ruang lingkup masalah di atas penulis membatasi masalah sebagai berikut ini:
               1.3.1      Mengetahui pengertian facebook
                1.3.2     Mengetahui manfaat yang diperoleh melalui facebook
                1.3.3     Mengetahui alasan siswa menyukai facebook
                1.3.4      Mengetahui dampak facebook bagi siswa SMP Negeri 20 Malang
                1.3.5   Mengetahui upaya – upaya yang dilakukan siswa SMP Negeri 20 Malang dalam membendung pengaruh negatif facebook
                1.3.6      Mengetahui penyebab siswa SMP Negeri 20 Malang lebih sering     menggunakan facebook dari pada belajar
                1.3.7    Mengetahui pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa  SMP Negeri 20 Malang
                 1.3.8     Mengetahui upaya yang dilakukan siswa SMP Negeri 20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun menggunakan facebook           
  1.3.9     Mengetahui analisis hasil penyebaran angket tentang pengaruh
           facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang.

1.4     Rumusan Masalah
              1.4.1     Apa pengertian dari facebook ?
                 1.4.2     Apa manfaat yang diperoleh melalui facebook ?
                        1.4.3     Apa alasan siswa menyukai facebook ?
                                 1.4.4     Apa dampak facebook bagi siswa SMPN 20 Malang ?
              1.4.5     Apa upaya – upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang dalam   membendung pengaruh negative facebook ?
              1.4.6    Apa pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMPN 20 Malang ?
            1.4.7   Mengapa siswa SMPN 20 Malang lebih sering menggunakan facebook daripada belajar ?
              1.4.8    Bagaimana upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun menggunakan facebook ?
              1.4.9     Bagaimana hasil penyebaran angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang ?
1.5              Tujuan Penulisan
           Berdasarkan rumasan masalah yang dikemukakan, maka dapat diperoleh tujuan penulsan sebagai berikut :
1.      Memberikan informasi kepada para remaja, tentang dampak/pengaruh facebook terhadap prestasinya.
2.      Menyadarkan para remaja tentang pengaruh lebih sering menggunakan facebook daripada belajar.
3.      Mengetahui cara penanggulangan dari dampak negatif facebook.
4.      Memberikan gambaran kepada para remaja tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 MALANG.
1.5.1         Tujuan Umum
             Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penulisan karya tulis ini, yaitu untuk dapat mendiskripsikan pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMPN 20 Malang.
1.5.2         Tujuan Khusus
             Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui masalah yang terjadi di kalangan remaja Indonesia akibat pengaruh facebook terhadap prestasi.
                 1.5.2.1          Mendiskripsikan pengertian facebook.
                 1.5.2.2          Mendiskripsikan manfaat yang diperoleh dari facebook.
                 1.5.2.3          Mendiskripsikan alasan siswa menggunakan facebook.
                 1.5.2.4          Mendiskripsikan dampak facebook bagi siswa SMPN 20  Malang.
                 1.5.2.5          Mendiskripsikan upaya – upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang dalam membendung pengaruh negatif facebook.
                 1.5.2.6          Mendiskripsikan pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMPN 20 Malang.
                   1.5.2.7          Mendiskripsikan alasan siswa SMPN 20 Malang lebih sering menggunakan facebook daripada belajar.
                 1.5.2.8          Mendiskripsikan upaya yang dilakukan siswa SMPN 20 Malang agar prestasi tidak menurun meskipun menggunakan facebook.
                 1.5.2.9          Mendiskripsikan hasil penyebaran angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.6         Manfaat Penelitian
      Dari penulisan karya tulis ini diharapkan warga SMP Negeri 20 Malang senantiasa menyaring apapun yang di serap atau diterima dari penggunaan faebook, karena jika dlihat sekarang ini sudah tidak mungkin untuk menghentikan perkembangan zaman modern. Satu-satunya cara adalah dengan menyeleksi setiap pengaruh facebook yang masuk dan menyesuaikannya dengan keadaan yang terjadi sebelum pengaruh facebook terjadi. Selain itu manfaat penulisan ini juga ditujukan kepada, sebagai berikut :
      
 1.6.1          Bagi Guru
                       1.6.1.1     Guru lebih memahami karakter siswa yang sudah mengikuti atau  belum mengikti pengaruh dari facebook.
                                 1.6.1.2    Guru bisa mengantisipasi dampak negatif facebook yang masuk.
         1.6.2         Bagi Siswa
1.6.2.1        Siswa lebih mengenal masing-masing dari dampak facebook.
                            1.6.2.2        Siswa kemungkinan besar akan menjauhi dampak    negatif dari facebook.
                            1.6.2.3        Siswa bisa mengubah dampak negatif menjadi dampak positif.
                            1.6.2.4        Siswa mampu memaksimalkan dampak positif dari facebook.
1.7 Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.7.1           Anggapan Dasar
                                               Anggapan dasar pada penulisan ini, adalah berkembangnya facebook yang telah masuk di Indonesia, telah menimbulkan dampak negatif di kalangan remaja. Serta, mulai menurunnya prestasi siswa yang seharusnya lebih ditingkatkan atau diperbaiki menjadi menurun akibat lebih sering menggunakan facebook daripada belajar lebih giat.
     1.7.2             Hipotesis
          Sesuai dengan judul karya tulis dan masalah yang dikemukakan, maka penulis mempunyai dugaan sementara yaitu :
1.      Kuatnya pengaruh media informasi televisi, koran / majalah, internet dan sebagaimana yang meliputi berbagai hiburan sehingga menjadi terpengaruh akan facebook tanpa melalui pertimbangan.
2.      Kurangnya pendidikan agama dan perhatian serius orang tua terhadap anak-anak mereka terutama para remaja yang masih mencari jati dirinya.
3.      Setiap media informasi dianjurkan untuk lebih hati-hati dalam menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan dampak negatif facebook yang dapat berpengaruh langsung terhadap pengaruh remaja, sehingga tidak menampilkannya secara utuh dan serba transparan.
1.8              Sumber Data dan Metode
Dalam penulisan karya tulis ini, penulis juga mengumpulkan data-data dengan sumber dan metode  sebagai berikut.
        1.8.1            Sumber Data 
                 Penulis menggunakan atau mengambil sumber dari beberapa situs
        1.8.2            Metode
                 Metode yang digunakan penulis dalam penulisan ini adalah :
                 1.8.2.1      Wawancara 
                 Untuk mencari informasi, dalam penlisan KTI ini kami melakukan wawancara kepada narasumber yaitu Bapak Edi Santoso, selaku guru TIK .Nurul Oktavian, selaku siswa kelas 9. Siti Nur Ramadhani selaku siswa 8. Taufik selaku siswa kelas 7
                 1.8.2.2        Angket
                           Dalam penulisan KTI ini, penulis juga menyebarkan angket kepada siswa SMPN 20 Malang, sebanyak 100 lembar. Yang masing-masing kelas 7 sebanyak 34 lembar pada tanggal 30 November 2014, kelas 8 sebanyak 33 lembar pada tanggal 30 November 2014 , dan kelas 9 juga 33 lembar pada tanggal 30 November 2014
                1.8.2.3        Observasi
                           Penulis juga melakukan observasi langsung dengan cara mengambil gambar yang berkaitan dengan penulisan karya tulis ini.






BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
     Dalam bab pembahasan ini, penulis akan menguraikan tentang, (1) definisi facebook. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dampak facebook bagi siswa SMP Negeri 20 Malang. (3) sejarah masuknya facebook di Indonesia. (4) macam-macam fasilitas facebook yang diminati siswa SMP Negeri 20 Malang. (5) alasan siswa SMP Negeri 20 Malang sering menggunakan facebook. (6) perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang karena seringnya pemakaian facebook. (7) pengaruh negatif dari facebook di kalangan remaja. (8) upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari facebook. (9) tujuan mengatasi dampak
negatif dari facebook, dan (10) hasil analisis angket tentang pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang.
2.1              Definisi Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

2.2       Sejarah Facebook

                   Sejarah Facebook diawali oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Facebook atau sering disingkat FB merupakan jejaring pertemanan yang sangat populer, hingga sampai saa tercatat pengguna aktif facebook kurang lebih 400. Namun disamping kepopuleran tersebut, ternyata banyak dampak negatif mulai dari penculikan gadis-gadis remaja, dimana diberitakan hilang gara-gara facebook, dan tidak jarang juga perceraian yang juga disebabkan karena facebook dan lain sebagainya, sampai-sampai Mujelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa “Facebook Haram”. Semuanya kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana kita memanfaatkan facebook. Kalau berbicara masalah haram atau tidak, itu tergantung bagaimana kita memanfaatkan sesuatu antara positif dan negative. Yaitu awal mula sejarah facebook. Facebook dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg Lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.
Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.
Dia juga memberikan fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah       lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerjasama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka dikantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
Begitulah sejarah facebook yang dapat kita pelajari bersama semoga kita bisa mengambil pelajaran dari sejarah awal mula facebook ini dan tentunya menambah wawasan pengetahuan kita tentang sejarah facebook, apalagi bagi kita yang memang aktif pengguna facebook dan kalau tidak tahu sejarah facebook itu sendiri

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo SaverinDustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.

2.3              Macam – Macam Fasilitas Facebook Yang Diminati Siswa SMP Negeri 20 Malang
Facebook memiliki berbagai fitur-fitur yang ditujukan untuk pengguna dengan maksud agar pengguna tidak merasa bosan pada saat menggunakan Facebook. Para pengguna Facebook dapat dimanjakan dengan adanya fitur-fitur ini. Beragam fitur yang ada dalam Facebook antara lain:

Facebook feature:

- Update Status/ Status terkini
--> Untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda; mengungkapkan keinginan Anda.
- Message/ Pesan
--> Untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
- Chat/ Obrolan
--> Untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
- Photos/ Foto
--> Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
- Videos/ Video
--> Anda dapat meng-upload video Anda.
- Friends/ Teman
--> Anda dapat menambah teman Anda.
- Applications/ Aplikasi
--> Banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
- Games/ Permainan
--> Banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
- Notes/ Catatan
--> Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya.
- Wall/Dinding
--> Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
- Poke/ Colek
--> Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
- Gifts/ Hadiah
--> Fitur untuk saling berkirim hadiah



3) Fitur-fitur baru yang ada di facebook
Adapun           beberapa          fitur     baru     yaitu:

                A) Menu Sunting dan Hapus Pada 
Komentar
Menu ini memungkin pengguna facebook untuk mengedit kembali komentar yang telah ditulis sekaligus menghapusnya jika itu diperlukan.
B) Emoticon pada fasilitas chat facebook.

                    Icon-icon ini dulunya kalau kita sementara ngobrol dengan teman-teman di facebook, untuk memasukannya masih secara manual tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya fitur yang satu ini. Jadi nda perlu repot-repot lagi mikirin kode emoticonnya untuk mengekspresikan apa yang akan kita sampaikan pada teman-teman.

           C) Menu pageview pada fanpage

                    Teman-teman yang sudah membuat fanpage facebook untuk blognya ataupun untuk pribadinya, Akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. Menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke 
fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya.

                       D) Menu Promosi

                       Menu ini memungkinkan bagi pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online atau apalah namanya yang dianggap penting. Tapi sayang pertama kali saya lihat menu ini, saya kira gratis untuk menggunakannya padahal harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya. Jika sobat mau beriklan di facebook, kayaknya bisa juga pake fasilitas yang satu ini.

                        Sebetulnya masih banyak fitur-fitur baru lain yang ada pada facebook seperti adanya pilihan upload file di grup, tampilan halaman pesan, pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja", ngobrol dengan teman-teman di facebook dalam satu chatroom saja, pengelolah iklan, menu pusat aplikasi dan kabar permainan, facebook messenger dan kawan-kawannya yang lain. Silakan sobat perhatikan sendiri pada akun facebooknya masing-masing atau pada facebook secara keseluruhan. Jika ada fitur baru yang belum sempat saya singgung pada artikel ini, silakan konfirmasi pada saya atau silakan bahas juga pada blognya masing-masing.

2.4              Alasan Siswa SMP Negeri 20 Malang Sering Menggunakan Facebook.
Agar siwa dapat menjalin komunikasi dengan orang lain, siswa semakin gaul dengan adanya facebook. Zaman sekarang pasti sudah banyak yang mengenal salah satu situ social ini. Facebook, merupakan salah satu situs social yang sangat popular saat ini. Penggunanya dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Bermacam-macam tingkatan social, pekerjaan, dan pendidikan juga menghiasi facebook pada saat ini.
Bermacam-macam alasan orang membuat sebuah akun di facebook. Berikut beberapa alasan mengapa orang menggunakan facebook :
Saya bisa bertemu sahabat dan keluarga yang jaraknya jauh dari tempat saya tinggal,
Anda juga bisa menemukan salah seorang teman, keluarga atau mantan pacar yang telah lama tidak saya lihat,
Salah satu metode mencari teman terbaru dan sangat mudah untuk digunakan,
 Teman-teman saya telah memiliki akun facebook, jadi saya nggak mau ketinggalan donk,
Anda ingin eksis di facebook, misalnya: memasang foto-foto terkeren kepunya’an ku, pasang status seperti “habis belanja di mall nih”
Nggak keren kalau nggak punya facebook,
Anda bisa berkenalan dengan orang lain di facebook, bahkan bisa dapet pacar baru, atau bahkan selingkuhan, Aplikasi game dan kuis nya banyak banget,
Anda bisa curhat lewat facebook, misalnya pasang status “kamu kox berubah ya!! Aku jadi nggak ngerti”, nanti ka nada yang koment, mudah-mudahan aja dapet solusinya,
 Anda bisa mempromosikan diri saya sendiri, kali aja dapet pacar @ facebook,
Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan organisasi, sekolah, kampus, geng, komunitas bahkan bisnis yang saya geluti.

2.5            Perubahan Perilaku Siswa SMP Negeri 20 Malang  Karena  Seringnya Pemakaian Facebook.
Facebook telah merajalela di kalangan remaja. Siswa menjadi sangat senang untuk menggunakan facebook, oleh karena itu siswa yang menggunakan facebook akhirnya mendapatkan teman yang banyak dan mendapat pergaulan yang baru. Sehingga timbulah perilaku yang baru terhadap siswa. Contohnya seperti sering melewatkan waktu belajar dan lebih mementingkan bermain facebook daripada belajar.
2.6              Pengaruh Negatif Dari Facebook Di Kalangan Remaja.
Facebook banyak memberikan dampak negatif bagi para remaja. Dengan adanya facebook, perhatian remaja untuk belajar semakin berkurang. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar tergantikan untuk bermain facebook. Setiap harinya kebanyakan para remaja mengisi waktunya untuk selalu online. Apalagi kini kebanyakan handphone sudah dilengkapi layanan koneksi internet yang memudahkan penggunanya untuk online dimana dan kapan pun.
          Dampak negatif facebook semakin hari semakin terasa, meskipun para facebookers banyak yang tidak menyadari akan pengaruh negati facebook ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan yang namanya facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya, yang tidak disadari.Buat kamu para remaja dan siswa serta anak anak, kamu harus tahu apa saja dampak negatif dari facebook. Karena pengguna facebook di dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Ini adalah sepuluh dampak facebook:

-    Tidak peduli dengan sekitarnya

                        Orang yang sudah kecanduan facebook terlalu asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya). sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan facebook sering mengalami hal ini.

-    Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan

                        Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. Tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya

-          Menghamburkan uang

                        Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis

-       Mengganggu kesehatan

                        Terlalu banyak duduk di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.

-        Berkurangnya waktu belajar

                        Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai siswa. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.

-          Kurangnya perhatian untuk keluarga
                        Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.

-          Tersebarnya data pribadi

                        Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!

-          Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex

                        Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau pornografi. Karena hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dan lain-lain.

-     Rawan terjadinya perselisihan

                        Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar pengguna facebook sering sekali terjadi
.
-     Sering terjadi penipuan

                        Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.

2.7              Upaya yang Dilakukan Untuk Mengatasi Dampak Negatif Dari  Facebook.
a.  Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber- Facebook-an.
b.    Waspada atau hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.
c.    Ajak teman pada saat ingin berjumpa dan hindarkan apabila di ajak ke tempat yang sepi.
d.   Gunakan Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.
e.    Hindari Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.
f.     Orang tua harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga dengan beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak asesuatu yang tidak kita inginkan.

2.8              Tujuan Mengatasi Dampak Negatif Dari Facebook.
Facebook merupakan jaringan sosial yang terkenal. Facebook memiliki beberapa fasiltas yang menarik, sehigga membuat kita tertarik. Namun facebook mempunyai beberapa dampak negatif. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi dampa negatif tersebut :
  1. Mengatur waktu. kita harus mengatur waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita. misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan facebook.
  2. Menghargai orang lain. Dengan mengharai orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau menyindir orang tersebut di facebook.
  3. Bisa menentukan proritas. Kita harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka facebook.
  4. Kita harus mengetahui fungsi facebook. Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
  5. Membatasi membuka facebook. Dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.

2.9              Hasil Analisis Angket Tentang Pengaruh Facebook  Terhadap  Prestasi Siswa SMP  Negeri 20 Malang.
        Berdasarkan  penyebaran angket tentang pengaruh  facebook terhadap prestasi siswa pada hari Sabtu, 30 November kami memperoleh data sebagai berikut:
                   Pertanyaan pertama. Apakah anda memiliki facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 89% menjawab YA, sedang 11% menjawab TIDAK. Dari hasil diatas bisa disimpulkan bahwa facebook telah merajalela di kalangan siswa SMPN 20 Malang.
                   Pertanyaan kedua. Apakah Anda memiliki facebook karena mengikuti teman-teman / trend? Dari 100 siswa , sebanyak 17 % menjawab YA, sedang 71% menjawab TIDAK, dan 12 % menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas, bisa disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menggunakan facebook karena untuk kepentingan atau keinginan mereka sendiri.
            Pertanyaan ketiga. Apakah anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar? Dari 100 siswa, sebanyak 10% menjawab YA, sedangkan 74% menjawab TIDAK, dan 17% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang tidak terlelu sering menggunakan facebook dan lebih memilih untuk belajar daripada hanya sekedar menggunakan facebook.
            Pertanyaan keempat. Apakah Anda bisa membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook? Dari 100 Siswa, sebanyak 75% persen menjawab YA, sedangkan 8% menjawab TIDAK, dan 17% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih tidak bisa membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar.
            Pertanyaan kelima. Apakah Anda menggunakan facebook untuk kepentingan belajar? Dari 100 siswa, sebanyak 18% menjawab YA, sedangkan 44% menjawab TIDAK, dan 38% menjawab RAGU – RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malangmenggunakan facebook tidak untuk kepentingan belajar melainkan untuk melihat hal-hal yang kuarang penting.
            Pertanyaan keenam. Apakah Anda mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 34% menjawab YA, sedangkan 41% menjawab TIDAK, dan 25% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang rata-rata tidak mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook.
            Pertanyaan ketujuh. Apakah Anda menjadi malas belajar akibat menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 13% menjawab YA, sedangkan 77% menjawab TIDAK, dan 11% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menjadi malas belajar akibat terlalu sering menggunakan facebook.
            Pertanyaan kedelapan. Apakah Anda pernah mendapat informasi tentang pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi Anda pada facebook? Dari 100 siswa sebanyak 63% menjwab YA, sedangkan 22% menjawab TIDAK, dan 15% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang pernah mendapatkan informasi tentang pembelajaran mereka
            Pertanyaan kesembilan. Apakah Anda sudah berupaya untuk membatasi penggunaan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 81% menjawab YA, sedangkan 11% menjawab TIDAK, dan 7 % menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih belum bisa membatasi waktu anatara menggunakan facebook untuk belajar.
            Pertanyaan kesepuluh. Apakah Anda pernah melalaikan tugas karena menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 17% menjawab YA, sedangkan 77% menjawab TIDAK, dan 6% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang kebanyakan masih memilih mengerjakan tugas mereka meskipun mereka menggunakan facebook.
            Pertanyaan kesebelas. Apakah Anda pernah berbagi ilmu di dalam facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 58% menjawab YA, sedangkan 27% menjawab TIDAK, dan 16% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang menggunakan facebook bukan hanya sekedar untuk melihat hal-hal yang kurang penting tetapi juga bias menjadi tempat untuk berbagi ilmu.
            Pertanyaan keduabelas. Apakah prestasi Anda menjadi meningkat karena sering menggunakan facebook? Dari 100 siswa, sebanyak 6% menjawab YA, sedangkan sebanyak 61% menjawab TIDAK, dan 33% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa facebook bukan hanya memiliki dampak negative bagi siswa tetapi juga memiliki dampak positif bagi siswa SMPN 20 Malang yaitu dapat meningkatkan prestasi mereka dengan adanya ilmu pengetahuan didalam facebook.
            Pertanyaan ketigabelas. Apakah Anda lebih rajin membuka facebook daripada membaca buku pelajaran? Dari 100 siswa sebanyak 47% menjawab YA, sedangkan 35% menjawab TIDAK, dan 18% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang nyatanya masih lebih mementingkan membuka facebook daripada harus membuka buku pelajaran mereka.
            Pertanyan keempatbelas. Apakah prestasi belajar Anda menurun akibat Anda membuka facebook? Dari 100 siswa sebanyak 15% menjawab YA, sedangkan 35% menjawab TIDAK, dan 20% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang rata-rata prestasi mereka menurun akibat terlalu sering membuka atau menggunakan facebook.
            Pertanyaan kelimabelas. Apakah Anda sudah berupaya agar prestasi belajar labih naik meskipun menggunakan facebook? Dari 100 siswa sebanyak 36s% menjawab YA, sedangkan 3% menjawab TIDAK, dan 61% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpilkan bahawa siswa SMPN 20 Malang masih repot repot untuk manaikkan prestasi mereka meskipun mereka sering menggunakan facebook.
            Pertanyaan keenambelas. Apakah Anda sudah berupaya untuk membendung pengaruh negative facebook? Dari 100 siswa sebanyak 83% menjawab YA, sedangkan 4% menjawab TIDAK, dan 13% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang masih berupaya untuk membendung pengaruh negative dari facebook meskipun banyak sekali pengaruh negative dari facebook yang bias menurunkan prestasi siswa.
            Pertanyaan ketujuhbelas. Apakah Anda pernah mendapat sanksi dari orang tua karena prestasi belajar Anda menurun akibat facebook? Dari 100 siswa sebanyak 24% menjawab YA, sedangkan 63% menjawab TIDAK, dan 13% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang tetap memperhatikan prestasi mereka meskipun mereka menggunakan facebook, oleh karena itu mereka tidak pernah mendapat sanksi dari orang tua mereka.
            Pertanyaan kedelapanbelas. Apakah karena prestasi Anda, membuat Anda mempunyai banyak teman difacebook? Dari 100 siswa sebanyak 26% menjawab YA, sedangkan 49% menjawab TIDAK, dan 25% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ternyata meskipun mereka mempunyai prestasi belajar tidak mempengaruhi teman mereka di facebook.
            Pertanyaan kesembilanbelas. Apakah orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook? Dari 100 siswa sebanyak 61% menjawab YA, sedangkan 27% menjawab TIDAK, dan 12% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa SMPN 20 Malang selalu diawasi orang tua mereka dalam menggunakan facebook agara tidak terpengaruh oleh pengaruh negative dari facebook.
            Pertanyaan keduapuluh. Apakah facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda? Dari 100 siswa sebanyak 5% menjawab YA, sedangkan 60% menjawab TIDAK, dan 35% menjawab RAGU-RAGU. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 20 Malang rata-rata berpendapat facebook tidak memiliki peran bagitu penting terhadap prestasi mereka.
BAB III
PENUTUP
Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang (1) Simpulan dan (2) Saran.
3.1                   Simpulan
              Dari dugaan hipotesis yang kami duga ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada siswa SMPN 20 Malang. Dan dari hipotetis yang kami duga bahwa kuatnya pengaruh media informasi televisi, koran / majalah, internet dan sebagaimana yang meliputi berbagai hiburan sehingga menjadi terpengaruh akan facebook tanpa melalui pertimbangan ternyata tidak sesuai  dengan dugaan kami. Hanya beberapa saja dari dugaan kami yang benar, seperti beberapa pengaruh negatif dari facebook

3.2          Saran
                 Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis dapat menarik beberapa saran yang melibatkan beberapa komponen yang dapat membantu siswa SMPN 20 Malang agar menggunakan facebook dengan sebaik-baiknya, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

3.2.1         Bagi Siswa
1.  Diharapkan siswa SMPN 20 Malang tidak menjadi malas belajar karena sering menggunakan facebook.
2.  Tidak menyalahgunakan facebook.
3.  Diharapkan siswa mendapatkan ilmu pengetahuan di dalam facebook.
4.  Dengan adanya facebook siswa dapat meningkatkan prestasi mereka dengan adanya ilmu pengetahuan dalam facebook.
5.  Dapat berbagi ilmu di dalam facebook.

3.2.2         Bagi Guru
1.  Guru memperhatikan siswa dalam menggunakan facebook.
2.  Membimbing siswa agar tidak menyalahgunakan facebook.
3.  Memberikan penyuluhan kepada siswa agar tidak terjerumus ke dalam dampak negative siswa.
4.  Memperingatkan kepada siswa agar tidak terlalu menggunakan facebook.
5.  Melarang siswa membawa handphone.
6.  Diberlakukannya Tata Tertib Siswa.







DAFTAR RUJUKAN

1.       http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110925072628AACGyIT, (diakses 28 Desember 2014 pukul 17.21)
2.       http://farentysiregar.blogspot.com/2014/03/pengaruh-facebook-terhadap-prestasi.html, (diakses 27 Desember 2014 pukul 10.32)
5.       http://ardisonic.com. Ardisonic. 2010. Hati-hati Efek Buruk Facebook. (Diakses 22 Desember 2014 pukul 09.48)
6.       http//vizbizportal.com/ Dewi. 2010. Pengaruh Situs Jejaring Sosial (Facebook, Twitter) terhadap Para Penggunanya. (Diakses 24 Desember 2014 pukul 12.36)
7.       www.tempointeraktif.com Ismail, Ade. 2009. Facebook Bikin Rapor Jeblok (Diakses 24 Desember 2014 pukul 13.22)
8.       www.detikinet.com Ismail, Ade. 2009. Studi: Facebook Turunkan Nilai Akademik (Diakses 9 Desember 2014 pukul 08.55)





LAMPIRAN
A)    Daftar pertanyaan wawancara Orang Tua
1.      Bagaimana cara Bapak mengawasi anak dalam penggunaan facebook?
2.      Bagaimana cara Bapak membatasi anak dalam penggunaan facebook?
3.      Menurut Bapak, mengapa anak Bapak sering menggunakan facebook?
4.      Apa dampak positif dari anak Bapak yang menggunakan facebook?
5.      Apakah facebook lebih banyak dampak negatifnya terhadap anak bapak? Mengapa?
6.      Bagaimana prestasi belajar anak Bapak selama menggunakan facebook?
7.      Bagaimana cara Bapak mengatasi prestasi belajar anak bapak yang menurun akibat terlalu sering menggunakan facebook?
8.      Bagaimana sikap Bapak selanjutnya agar anak tidak terlalu sering menggunakan facebook?
9.      Bagaimana upaya Bapak agar prestasi belajar anak lebih naik meskipun sering menggunakan facebook?
10.  Bagaimana pendapat Bapak dengan banyaknya anak yang lebih mementingkan menggunakan facebook dibandingkan belajar?





Jawaban wawancara Orang Tua
1.      Dengan cara memperingatkannya untuk tidak sesering mungkin menggunakan facebook.
2.      Dengan cara membatasi pemberian uang pada anak saat ingin pergi ke warnet.
3.      Mungkin karena di facebook dia memiliki banyak teman sehingga ia menjadi betah berlama-lama menggunakan facebook.
4.      Anak saya jadi memiliki banyak teman dan juga terdapat banyak hal hal yang beru di dalam facebook.
5.      Menurut saya iya, misalnya saja karena dengan banyaknya teman yang ia miliki ia menjadi terpengaruh oleh teman temannya dan terjerumus terhadap kedalam pergaulan yang dianggap kurang baik bagi anak.
6.      Tetap meningkat
7.      Tidak memperbolehkannya bermain facebook, atau dengan cara menyita handphonennya.
8.      Lebih menekankan pada belajar anak.
9.      Membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar.
10.  Sebaiknya orang tuanya memberitahukan kepada anaknya agar tidak terlalu menggunakan facebook dan lebih mementingkan belajar.



B) Daftar pertanyaan wawancara Siswa
1.      Apa alasan Anda menggunakan facebook?
2.      Apa yang Anda lakukan agar prestasi belajar tidak menurun akibat menggunakan facebook?
3.      Menurut Anda, manfaat apa yang diperoleh dari menggunakan facebook?
4.      Apa dampak positif yang Anda rasakan selama menggunakan facebook?
5.      Apakah menurut Anda dampak negatif menggunakan facebook lebih banyak daripada dampak positifnya? Mengapa?
6.      Pengaruh apa yang Anda rasakan akibat dari penggunaan facebook terhadap prestasi belajar Anda?
7.      Apakah Anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar? Mengapa?
8.      Apakah orang tua pernah tidak memperbolehkan Anda menggunakan facebook? Mengapa?
9.      Bagaimana cara Anda membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar?
10.  Upaya apa yang akan Anda lakukan jika prestasi belajar Anda menurun akibat terlalu sering menggunakan facebook?



Jawaban wawancara Siswa
Kelas 7I (Taufik)
1.      Untuk mencari informasi
2.      Rajin belajar dan mengurangi menggunakan facebook.
3.      Dapat mengenal teman dari berbagai daerah
4.      Mendapatkan banyak teman mandapatkan informasi dari teman
5.      Iya, nilai jelek
6.      Prestasi menurun karena tidak dapat membagi waktu
7.      Tidak, jarang membuka facebook daripada belajar, agar prestasi tetap meningkat.
8.      Pernah, karena prestasi menurun.
9.      Sehari maksimal 1 jam.
10.  Mengurangi menggunakan facebook dan meningkatkan belajar.








Kelas 8B (Siti Nur)
1.      Dipake untuk media komunikasi.
2.      Membayasi dalam menggunakan facebook.
3.      Dapat berkomunikasi jarak jauh dengan teman dan dapat mengenal teman lebih dekat.
4.      Dapat menambah informasi.
5.      Iya, karena belum pernah ketemu terus bertemu di dunia maya.
6.      Menjadi malas belajar.
7.      Dulu memamg lebih sering facebookan, tapi sekarang sudah tobat, karena sudah tau sisi negatifnya.
8.      Tidak oernah, hanya diingatkan tidak boleh sering sering.
9.      Memakai facebook saat menganggur.
10.  Lebih memperbanyak balajar.








Kelas 9F (Oktavia Nurul)
1.      Untuk komunikasi jarak jauh.
2.      Tidak menggunakan facebook terlalu lama.
3.      Dapat berkomunikasi dengan midah.
4.      Dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi.
5.      Tergantung yang memakai, karena kita menggunakan facebook dengan baik maka mendapat hasil yang baik dan sebaliknya.
6.      Ada beberapa ilmu yang saya dapatkan untuk menunjang cara belajar saya.
7.      Tidak, labih mementingkan belajar.
8.      Tidak, karena orang tua saya mengetahui bahwa saya tahu waktu kapan belajar dan kapan menggunakan facebook.
9.      Menggunakan facebook saat diperlukan saja.
10.  Tidak memakai facebook selama waktu yang ditentukan.







B)   Daftar pertanyaan wawancara Guru
1.    Apa pendapat Bapak tentang facebook?
2.    Apa kegunaan dari facebook?
3.    Menurut Bapak apa dampak positif dari facebook?
4.    Apa dampak negatif dari facebook?
5.    Menurut Bapak apa yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak negatif dari facebook?
6.    Menurut Bapak apa tujuan dari penggunaan facebook?
7.    Apa pengaruh facebook terhadap prestasi siswa SMPN 20 Malang?
8.    Menurut Bapak apa yang harus dilakukan siswa agar prestasi belajarnya tidak menurun akibat terlalu sering menggunakan facebook?
9.    Bagaimana pendapat Bapak mengenai siswa SMPN 20 Malang yang menyalahgunakan facebook?
10.  Bagaimana pendapat Bapak dengan banyaknya siswa yang menghabiskan waktu hanya untuk bermain facebook?






Jawaban wawancara guru
1.      Jejaring sosial yang berfungsi sebagai alat komunikasi.
2.      Sebagai alat komunikasi.
3.      Kita dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan adanya facebook, dan juga dapat menghubungkan kita dengan orang lain apa itu orang dalam negeri maupun luar negeri.
4.      Dapat menjerumuskan orang terhadap pergaulan bebas,
5.      Lebih memperingatkan anak untuk tidak terlalu sering menggunakan facebook.
6.      Untuk alat komunikasi jarak jauh, misalnya saja untuk menguhubungkan seseorang yang sudah lama tidak bertemu dapat mennggunjakan facebook untuk berkomunikasi.
7.      Menurut saya tergantung siswa yang menggunakan, jika siswa dapat membagi waktu antara menggunakan facebook dengan belajar, memungkinkan facebook tidak berpengaruh terhadap prestasi siswa.
8.      Harus bisa membagi waktu anatara menggunakan facebook dengan belajar.
9.      Menurut saya itu bukanlah perilaku yang bias dicontoh, sebaiknya orang tua mereka menasihati anaknya agar tidak terlalu menggunakan facebook, supaya anak tidak sampai menyalahgunakan facebook.
10.  Menurut saya lebih baik waktu itu digunakan untuk belajar daripada menggunakan sesuatu yang tidak terlalu penting seperti bermain facebook.


1)      Daftar pertanyaan angket
NO
PERTANYAAN
Ya
Tidak
Ragu-Ragu
1.
Apakah Anda memiliki facebook?



2.
Apakah Anda memiliki facebook karena mengikuti teman – teman / trend?



3.
Apakah Anda lebih sering menggunakan facebook daripada belajar?



4.
Apakah Anda bisa membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook?



5.
Apakah Anda menggunakan facebook untuk kepentingan belajar?



6.
Apakah Anda mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook?



7.
Apakah Anda menjadi malas belajar akibat sering menggunakan facebook?



8.
Apakah Anda pernah mendapat informasi tentang pembelajaran yang berpengaruh pada prestasi Anda?



9.
Apakah Anda sudah berupaya untuk membatasi penggunaan facebook?



10.
Apakah Anda pernah melalaikan tugas karena menggunakan facebook?



11.
Apakah Anda pernah berbagi ilmu di dalam facebook?



12.
Apakah prestasi Anda menjadi meningkat karena sering menggunakan facebook?



13.
Apakah Anda lebih rajin membuka facebook daripada membaca buku pelajaran?



14.
Apakah prestasi belajar anda menurun akibat Anda menggunakan facebook?



15.
Apakah Anda sudah berupaya agar prestasi belajar lebih naik meskipun menggunakan facebook?



16.
Apakah Anda sudah berupaya untuk membendung pengaruh negatif facebook?



17.
Apakah Anda pernah mendapat sanksi dari orang tua karena prestasi belajar Anda yang menurun akibat facebook?



18.
Apakah karena prestasi Anda, membuat Anda mempunyai banyak teman di facebook?



19
Apakah orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook?



20.
Apakah facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda?
















2)      Diagram hasil Angket
1.      Apakah Anda memiliki facebook?
 





2.     



Apakah Anda memiliki facebook karena mengikuti teman – teman atau trend?
3.      Apakah Anda lebih sering mrnggunakan facebook daripada belajar?
 







4.      Apakah Anda bisa membagi waktu antara belajar dan menggunakan facebook?






5.      Apakah Anda menggunakan facebook untuk kepentingan belajar?
 






6.      Apakah Anda mendapatkan manfaat belajar dalam menggunakan facebook?
 







7.      Apakah Anda menjadi malas belajar akibat menggunakan facebook?
 






8.      Apakah Anda pernah mendapat informasi tentang pembelajaranyang berpengaruh pada prestasi Anda?
 






9.      Apakah Anda sudah berupaya untuk membatasi penggunaan facebook?
 








10.  Apakah Anda pernah melalaika tugas karena menggunakan facebook?
 






11.  Apakah Anda pernah berbagi ilmu di dalam facebook?
 






12.  Apakah prestasi Anda menjadi meningkat karena sering menggunakan facebook?
 








13.  Apakah Anda lebih rajin membuka facebook daripada membaca buku pelajaran?
 






14.  Apakah prestasi belajar anda menurun akibat Anda menggunakan facebook?
 






15.  Apakah Anda sudah berupaya agar prestasi belajar lebih naik meskipun menggunakan facebook?
 






16. Apakah Anda sudah berupaya untuk membendung pengaruh negatif facebook?
 






17.  Apakah Anda pernah mendapat sanksi dari orang tua karena prestasi belajar Anda yang menurun akibat facebook?
 






18.  Apakah karena prestasi Anda, membuat Anda mempunyai banyak
teman di facebook?
 






19.  Apakah orang tua mengawasi Anda terhadap penggunaan facebook?
 






20.  Apakah facebook memiliki peran penting untuk prestasi Anda?
 
















3)      Foto atau Gambar pendukung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPRbcgsOImWgWtCNusasIi7_chN6LoNRDjsiQewf0MdakiXu2GS5uT7BnsxPZMRAo31IoNb4_q1Hf71tK7bRZWgs_uJYx4ZU0ww5p0FR_mxqCrPrRgF-mdVYSmk7xMn3h2xhRTI-FHgS77/s320/Fitur+Baru+Pada+Facebook+A.jpegA) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar






https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeHojiB9gWmsBlF1TkiIvKw_6NSbQ-5W_9PWgwkgMdDbUA-aeVvquj8tRCId6OJujVDWAa3TVs8dI1NWwPnOWX6c5uxxaIP07JrpGfHwSROTBeHlbBOeLuQxK1QVtvFxpxQUmjCZwBTUDT/s320/Fitur+Baru+Pada+Facebook+B.jpeg
B) Emoticon pada fasilitas chat facebook.



C) https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-X9LG2XepIZ3qrjEkRIoAmfNppGEGSKg0GPiFw5NNsPGQ6HSNQtFCmPfa7juJ13UWlDhYLA7FIArV8-9v2HuA_URrHPvyYm80dQN7cRm5I8GgdeOKI9wVtfzc8Tfc5JcAC5zSLTF-UAaZ/s320/Fitur+Baru+Pada+Facebook+D.jpeg
Menu pageview dan fanpage

D)  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguFzraf61HnX5v6gPMpzBJ-Exl2rMfDq4XqvMTmpNHeJol5PHeDTEAuwuLraPwJt1u8-EnuTMIccFeQ3OqqY0TL1Bk91WYFMOa-4g-jewWJa1c13pFBCPR3f5LyMmEKsGqXzz6dnZU4XAD/s320/Fitur+Baru+Pada+Facebook+D.jpg
Menu promosi

Gambar-gambar diatas diambil pada tanggal 22 desember 2014 pukul 10.45



                                            

 

Komentar

  1. Aidha's blog is such a nice post, i like the way you have explained issues and the way you make it easy for readers to get the message. Writing jobs online I do love what i see and it would be my wish to keep seeing more helpful and motivating posts.

    BalasHapus
  2. http://www.kingpoker365.altlogin.com
    http://www.nasibqq.altlogin.com
    http://www.rajapoker99.altlogin.com
    http://www.99onlinepoker.altlogin.com
    http://www.aduqq.altlogin.com
    http://www.ajaibqq.altlogin.com
    http://www.asikpoker.altlogin.com
    http://www.asikqq.altlogin.com
    http://www.capsa365.altlogin.com
    http://www.cintapoker.altlogin.com
    http://www.cobaqq.altlogin.com
    http://www.daftarpoker.altlogin.com
    http://www.danaqq.altlogin.com
    http://www.desaqq.altlogin.com
    http://www.dewapoker.altlogin.com
    http://www.dewaqq.altlogin.com
    http://www.gamekartu.altlogin.com
    http://www.gaple.altlogin.com
    http://www.garampoker.altlogin.com
    http://www.gelanggangqq.altlogin.com
    http://www.hitsqq.altlogin.com
    http://www.ibet57.altlogin.com
    http://www.idola999.altlogin.com
    http://www.idolapoker.altlogin.com
    http://www.idrpoker.altlogin.com
    http://www.inipoker.altlogin.com
    http://www.ipokerqq.altlogin.com
    http://www.istanapoker.altlogin.com
    http://www.itudomino.altlogin.com
    http://www.ituqq.altlogin.com
    http://www.jadiqq.altlogin.com
    http://www.jasapoker.altlogin.com
    http://www.jawapoker88.altlogin.com
    http://www.jeeptoto.altlogin.com
    http://www.jokiqq.altlogin.com
    http://www.jokitogel.altlogin.com
    http://www.jordanpoker.altlogin.com
    http://www.juarapoker.altlogin.com
    http://www.juvepoker.altlogin.com
    http://www.kartubos.altlogin.com
    http://www.kartuemas.altlogin.com
    http://www.kartuqq.altlogin.com
    http://www.kingpoker.altlogin.com
    http://www.kipasqq.altlogin.com
    http://www.kompasqq.altlogin.com
    http://www.lapakqq.altlogin.com
    http://www.ligacapsa.altlogin.com
    http://www.ligapoker.altlogin.com
    http://www.macanpoker88.altlogin.com
    http://www.masterdomino99.altlogin.com
    http://www.mbopoker.altlogin.com
    http://www.mejavip.altlogin.com
    http://www.menangqq.altlogin.com
    http://www.menuqq.altlogin.com
    http://www.motobolapoker.altlogin.com
    http://www.murniqq.altlogin.com
    http://www.musimqq.altlogin.com
    http://www.nadaqq.altlogin.com
    http://www.negaraqq.altlogin.com
    http://www.Ntpoker.altlogin.com
    http://www.panasqq.altlogin.com
    http://www.pangerantoto.altlogin.com
    http://www.pasarpoker.altlogin.com
    http://www.pasarqq.altlogin.com
    http://www.pelangiqq.com.altlogin.com
    http://www.pojokqq.altlogin.com
    http://www.poker303.com.altlogin.com
    http://www.poker757.altlogin.com
    http://www.poker88.altlogin.com
    http://www.pokernusa.altlogin.com
    http://www.pokeronline99.altlogin.com
    http://www.pokerterang.altlogin.com
    http://www.pokertop1.altlogin.com
    http://www.pulsaqq.altlogin.com
    http://www.rajacapsa.altlogin.com
    http://www.rajadomino88.altlogin.com
    http://www.rajapoker88.altlogin.com
    http://www.rantaiqq.altlogin.com
    http://www.ratuq9.altlogin.com
    http://www.royalpoker88.altlogin.com
    http://www.royalqq.altlogin.com
    http://www.sakaupoker.altlogin.com
    http://www.salesqq.altlogin.com
    http://www.sedap303.altlogin.com
    http://www.sedapkartu.altlogin.com
    http://www.sedappoker.altlogin.com
    http://www.sedapqq.altlogin.com
    http://www.sindikatqq.altlogin.com
    http://www.sotoqq.altlogin.com
    http://www.Turbo4D.altlogin.com
    http://www.vbpoker.altlogin.com
    http://www.vipmandiriqq.altlogin.com
    http://www.warung757.altlogin.com

    BalasHapus
  3. Halo teman-teman DEWADOMNIQQ kami hadir dengan banyak keuanggulan baru yang akan membuat anda tertarik dan membuat permainan anda lebih seru.kami hadir memberikan kelebihan sebagai berikut :
    1. proses dana AMAN & CEPAT hanya butuh 1-3 menit saja
    2. pelayanan yang uanggul,terjamin dan sangan terpercaya
    3. Penting...!!! permainan yang fair tanpa robot dan admin.
    4. server dan sistem yang sudah dijamin aman sehingga akun member dijamin terjaga dengan baik


    DEWADOMNIQQ juga memberikan bonus yang besar dan promo" menarik berupa
    > Bonus CashBack/TurnOver sebesar 0,5% <
    > Bonus Refrensi/Rwferral sebesar 20 % <


    Minimal untuk Deposit & Withdraw sebesar @RP. 15.000
    Tersediah 6 BANK lokal yang dapat digunakan dan mempermudahtransaksi anda.
    #BCA #BNI #BRI #MANDIRI #DANAMON #CIMBNIAGA


    Pelayanan Website nonstop 24 jam sehari dengan customer servic yang profesional dan terbaik
    segerah login dan buat akun anda di : www TribunQQ .COM
    jangan ketinggalan keseruan bersama DEWADOMNIQQ
    Segerah hub agen kami
    contact pin bbm >> 2BAE0D7A
    Contack person >> +85593827629
    Contack Skype >> Tribunqq99@yahoo.com


    kami juga memiliki partner yang memiliki permainan" yang fantastik dan memberikankeseruan tanpa batas.
    > BandarSakong (Segera Hadir..!!!)
    > Poker Online
    > Bandarpoker
    > DominoQQ
    > BandarQ
    > AduQ
    > Capsa susun
    ini lah Game terpopuler kami saat ini
    > Tembak Ikan/Fish Hunter -> www gg626 com
    > Sabung Ayam/Cock Fight -> www s128 net
    jangan lupa bermain ya,nikmati keseruan bersama kami DEWADOMNIQQ

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MAPS karya RADIN AZKIA

TEKS ANEKDOT BASA JAWA